Pasien Isoman Kategori Miskin Bakal Diberi Paket Obat Gratis

Pasien Isoman Kategori Miskin Bakal Diberi Paket Obat Gratis
ISOLASI - Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat meninjau tempat isolasi terpusat di Makesdam IX/ Udayana.

Sumerta, DENPOST.id

Pemerintah akan memberikan bantuan paket obat gratis dan sembako kepada para pasien Covid-19 yang tergolong keluarga kurang mampu atau miskin dan sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Program itu akan dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo secara virtual pada Rabu (14/7/2021).

Di Bali, kegiatan tersebut dikoordinir Kodam IX/Udayana yang menugaskan Korem 163 Wira Satya yang bersinergi bersama Dinas Kesehatan jenjang provinsi dan kabupaten/kota. Pencanangan juga akan digelar serentak di tingkat kabupaten/ kota.

Kesiapan pencanangan itu telah dibahas dalam rapat virtual yang dipimpin Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, bersama Komandan Kodim dan Kepala Dinas Kesehatan seluruh Bali, Selasa (13/7/2021). “Saya mohon keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan program Pemerintah Pusat ini, sehingga launching pemberian obat kepada pelaku isolasi ini berjalan lancar,” ujarnya.

Dalam rapat itu dijelaskan, paket obat dan sembako itu diperuntukkan peserta isolasi mandiri yang tergolong keluarga kurang mampu. Syaratnya, penerima telah terbukti positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR yang tercatat di New All Record (NAR) dan terbukti kurang mampu berdasarkan rekomendasi desa dinas.

Baca juga :  Kasus Sengketa Tanah di Sesetan, Hakim Gelar Sidang di Tempat

Kepala Kesehatan Kodam IX/ Udayana, Kolonel CKM. dr. I Made Mardika, sesaat setelah mengikuti rapat menerangkan, terdapat tiga paket obat yang akan disalurkan.

Paket 1 sebanyak 10 persen, terdiri dari tiga tablet Ivermectin; 14 tablet vitamin C; tujuh tablet Vitamin D dan 21 tablet Zinc. Paket ini diberikan kepada pasien isolasi dengan hasil PCR positif.

Paket 2 sebanyak 60 persen, terdiri dari 14 tablet Oseltamivir; tiga tablet Ivermectin; 10 tablet Paracetamol; 14 tablet vitamin C; tujuh tablet Vitamin D dan 14 tablet Zinc. Paket ini diberikan kepada pasien isoman dengan keluhan panas, atau kehilangan penciuman.

Baca juga :  Ganggu Kenyamanan Warga, Pembakar Sampah Ditegur

Paket 3 sebanyak 30 persen terdiri dari 14 tablet Oseltamivir; tiga tablet Ivermectin; tujuh tablet Azythromicin; 20 tablet Ambroxol; 10 tablet Paracetamol; 14 tablet vitamin C; tujuh tablet Vitamin D dan 14 tablet Zinc. Ini diberikan kepada pasien isoman dengan keluhan panas dan batuk kering.

“Kesdam didistribusikan oleh Kimia Farma, kami memantau penyaluran dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan. Nanti pembagian kepada pasien dilakukan Babinsa. Ini skema cepat,” ujarnya.

Baca juga :  Ombudsman Imbau Masyarakat Bali Tak Cemaskan Ini

Untuk diketahui, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang menjalankan isoman paling banyak terjadi di Kota Denpasar yakni sebanyak 1.147. Sedangkan terbanyak kedua adalah Kabupaten Badung. Ada yang menjalani isolasi di rumah masing-masing, ada yang menjalani isolasi di tempat isolasi tingkat keluharan hingga kabupaten/kota. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini