DISEMBUR BELERANG, AIR DANAU BATUR BERUBAH WARNA

DISEMBUR BELERANG, AIR DANAU BATUR BERUBAH WARNA
BERUBAH WARNA - Kondisi air Danau Batur berwarna hijau yang diduga akibat semburan belerang Gunung Batur. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Air Danau Batur, Kintamani kembali berubah warna menjadi hijau. Perubahan warna air ini mulai terjadi Rabu (14/7/2021) dini hari. Diduga hal itu akibat semburan belerang dari lereng Gunung Batur, mengingat hembusan angin cukup kencang sejak beberapa hari terakhir.

“Benar, semburan terjadi sejak pagi dini hari tadi,” kata Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) I Wayan Sarma. Menurutnya fenomena semacam ini terakhir terjadi pada awal Maret 2021, dengan kondisi yang paling parah dialami Desa Buahan. “Karena hembusan angin kencang beberapa hari terakhir. Dan, fenomena ini sudah seperti rutinitas tahunan. Februari-Maret, Juli-September, bertepatan musim dingin. Ini rekan kami yang merupakan penyuluh perikanan sedang di lapangan. Dan fenomena ini juga terjadi di danau-danau vulkanik yang lain,” jelas Sarma.

Baca juga :  Paving di Depan RJ Bupati Bangli Diganti Hotmix

Ditanya soal luasan semburan, Sarma menyebut hingga saat ini baru wilayah Seked, Kedisan dan Buahan. Sementara untuk di Songan masih aman. Sementara terkait dampak ke ikan-ikan di Keramba, Sarma mengatakan, sejauh ini belum ada. “Sampai saat ini belum. Mudah-mudahan tidak ada,” harapnya. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini