Covid-19 Bali Naik Terus, Pakar Ungkap Sejumlah Penyebab

0
11
picsart 07 12 07.18.57
PPKM DARURAT - Kebijakan pemerintah menerapkan PPKM Darurat menjadi salah satu upaya mencegah kerumunan warga dan perjalanan manusia. DENPOST.id/dok

Sumerta, DENPOST.id

Jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Provinsi Bali terus meningkat setiap harinya. Rekor terbaru, pada Kamis (15/7/2021), kasus harian bertambah 843. Sebanyak 706 tertular dari transmisi lokal, 136 Pelaku Perjalanan Dalam Negeri, dan seorang Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Diminta pandangan terhadap meningkatnya kasus, Guru Besar Dalam Virologi Unud, Prof. I Gusti Ngurah Kade Mahardika, mengungkap bahwa terdapat sejumlah penyebab.

“Kasus hari ini biasanya akibat aktivitas (masyarakat) 1-2 minggu yang lalu,” ujarnya saat diwawancarai pada Jumat (16/7/2021).

Baca juga :  Bali Vaksinasi Perdana, Sejumlah Pejabat Gagal Penuhi Syarat

Menurutnya, kejadian lapangan penyakit selalu terjadi karena interaksi antara faktor agen penyakit atau dalam hal ini adalah virus, faktor manusianya yakni kerumunan dan perjalanan, dan faktor lingkungan.

“Faktor lingkungan, saya duga karena iklim agak sejuk bulan ini, musim pancaroba, yang juga membuat manusia lebih mudah sakit. Virus-orang-Lingkungan berkontribusi sama,” ungkapnya.

Apakah kondisi ini juga didorong masuknya varian delta ke Bali? Dia tak membantah. Menurutnya varian Delta relatif lebih mudah menular, artinya perlu dosis yang lebih kecil untuk menyebabkan penyakit.

Baca juga :  Terkait Bule Bermotor Terjun ke Laut, Kapolres Minta Pemda Perketat Pengawasan

Mengenai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 maupun varian baru, dia mengatakan penerapan protokol kesehatan masih sangat efektif. Hanya, ia menduga masyarakat keliru mengertikan implementasi 3 M.

“Yang utama adalah menghindari kerumunan, bukan memakai masker. Kalaupun kita memakai masker tapi pergi ke kerumunan yang kebetulan ada yang OTG dan lalai, kita bisa tertular tak langsung dari virus yang mencemari badan dan pakaian kita,” tuturnya.

Baca juga :  Sembarangan Buang Sampah, Dikutuk Miskin Tujuh Turunan

Kebijakan pemerintah menerapkan PPKM menurutnya menjadi salah satu upaya mencegah kerumunan warga dan perjalanan manusia.

Kepala Kesehatan Kodam IX/ Udayana, Kolonel CKM. dr. I Made Mardika, saat dimintai tanggapan sepakat bahwa prokes adalah solusi. “Apapun variannya, prokes tetep solusinya,” pungkasnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini