Persiapan Idul Adha, Distan Denpasar Periksa Kesehatan Ternak

picsart 07 18 12.36.00
CEK KESEHATAN HEWAN– Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, saat melakukan pemeriksaan kesehatan kambing yang akan dipakai hewan kurban Idul Adha di Jl. Gatsu barat, Minggu (18/7/2021).

Pemecutan Kaja, DENPOST.id

Di masa pendemi Covid-19, Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar tetap melakukan pemeriksaan kesehatan ternak yang dijual di pinggir Jl. Gatot Subroto (Gatsu) barat untuk hewan kurban persiapan Idul Adha yang jatuh pada, Selasa (20/7/2021).

”Kami mulai kemarin (Sabtu-red) dan hari ini melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban kambing dan sapi, baik yang dijual di pingir jalan maupun di Jl. Maruti, Dusun Wanasari. Kesehatan hewan kurban tersebut diperiksa antermotem dan postmortem, sehingga hewan yang dipotong dan dagingnya betul-betul aman, sehat, utuh dan halal (ASUH),’’ kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri, Minggu (18/7/2021).

Baca juga :  Ada yang Terkonfirmasi Positif Covid-19, Gedung DPRD Badung Ditutup Lima Hari

Ngurah Sugiria menjelaskan, pihaknya menurunkan 22 petugas dari internal Distan, yakni 10 dokter hewan dan 10 orang pegawai menyasar 131 masjid dan mushola guna memeriksa kesehatan hewan kurban yang belum dipotong maupun akan dipotong di hari H yang tersebar di wilayah Kota Denpasar, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini mengacu Surat Edaran (SE) Dirjen Kesehatan Hewat No. 8017 tahun 2021 dan Peraturan Kementrian Pertanian (Permentan) No. 114 tahun 2014 tentang hewan kurban. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah dilakukan di beberapa lokasi penjualan ternak di pinggir jalan dan didatangkan dari kabupaten lain harus mendapat surat rekomendasi terkait kesehatan hewan dari instansi terkait. Sedangkan sapi dibeli dari Pasar Beringkit, Mengwi, Badung agar mendapat surat pengantar dari instansi terkait di daerah tersebut, agar hewan yang diperjual belikan betul-betul sehat.

Baca juga :  Bisnis Kartu Kredit BRI Tumbuh 41 Persen di Masa Pandemi

”Kami wajib memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum dipotong. Setelah dipotong, dagingnya kembali akan dipersiksa guna memastikan dagingnya sehat,’’ ujarnya.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban, lanjut Ngurah Sugiri, pihaknya juga memberi pengarahan kepada pedagang ternak untuk hewan kurban Idul Adha agar tetap menjaga kesehatan kambing dan sapi. Selain memberikan pakan dan minum cukup, sehingga ternak yang dijual segar dan sehat. ”Kalau ada ternak sakit, kami sarankan tidak dijual dan bisa menghubungi petugas Dinas Pertanian untuk mendapat penanangan secepatnya,’’ jelasnya. (103)

Baca juga :  PPTI Denpasar Gencarkan Cegah TBC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini