Di Denpasar, 75 Persen BPUM Sudah Cair

0
3
Di Denpasar, 75 Persen BPUM Sudah Cair
Erwin Suryadarma Sena

Lumintang, DENPOST.id

Sebanyak 19.753 usaha mikro telah diajukan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Denpasar untuk mendapat Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Dari jumlah tersebut, sebagian besar bantuan sudah cair.

”Bantuan yang sudah cair sekitar 75 persen dari jumlah pemohon yang kami ajukan. Masyarakat yang mengajukan bantuan terus bertambah seiring pandemi Covid-19 belum hilang. Sampai saat ini mencapai puluhan ribu UMKM yang mengajukan dan pendaftaran masih dibuka sampai September mendatang,’’ kata Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadarma Sena, Rabu (21/7/2021).

Baca juga :  Gairahkan Bank Sampah, Begini Strategi Kelurahan Ubung

Dijelaskannya, pengajuan bantuan presiden bagi usaha mikro dikoordinir masing-masing desa/kelurahan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). ”Kalau permohonan sudah lengkap, selanjutnya disampaikan ke kantor yang kemudian akan diverifikasi kembali. Setelah lengkap sesuai data dan alamat diserahkan ke kantor Diskop UMKM Provinsi Bali untuk disampaikan ke Kemenkop UKM,’’ paparnya.

Pengajuan permohonan  bantuan menurut Erwin masih dibuka hingga September. Karenanya masih terbuka peluang bagi usaha mikro yang belum tersentuh bantuan untuk mengajukan permohonan, tentunya dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Baca juga :  Pelabuhan Lokal Sanur Diharapkan Dongkrak PAD

Dia menambahkan, syarat pengajuan bantuan BPUM adalah warga Negara Indonesia (WNI), memiliki KTP elektronik dan memiliki usaha mikro sesuai alamat KTP Denpasar untuk mempermudah mencari surat izin dari lingkungan. Usaha mikro tidak boleh menerima kredit usaha rakyat (KUR) dan harus sesuai alamat KTP dan KK Denpasar. Kalau ada buka usaha di Denpasar, tapi alamat KTP dan KK di luar, dikatakannya tidak boleh mengajukan bantuan. (103)

Baca juga :  Banyak Masyarakat Rantauan Nekat Mudik, Ini Tanggapan Tokoh Muslim di Bali

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini