Satgas Gotong Royong Desa Adat Penatih Bergerak Tangani Covid-19

Satgas Gotong Royong Desa Adat Penatih Bergerak Tangani Covid-19
PERSIAPKAN BERBAGAI KEPERLUAN - Satgas Gotong Royong Desa Adat Penatih, Dentim, mepersiapkan berbagai keperluan isolasi mandiri serta memberikan tambahan keperluan dasar untuk meringankan beban keluarga pasien covid-19. (DenPost.id/ist)

 

Penatih, DenPost.id

Satgas Gotong Royong Desa Adat Penatih 1, Denpasar Timur (Dentim), memberikan layanan kesehatan gratis bagi setiap krama (warga) desa adat setempat bila terjadi gejala klinis yang mengarah terpapar virus corona (covid-19). Hal ini dilancarkan mengingat klaster keluarga merupakan trend penularan virus  yang terjadi saat ini.  Karenanya, langkah preventif dilakukan dengan berbagai cara.

Bendesa Adat Penatih  I Wayan Ekayana, Minggu (25/7/2021) mengatakan bila ada warga yang mengalami gejala klinis seperti meriang, batuk, pilek, dan tidak enak badan, agar segera melapor ke satgas desa adat. Setelah mengetahui  kondisi tersebut , lalu bersama-sama menghubungi pos  kesehatan untuk diluncurkan tim medis guna mendapat diagnosis kesehatan. ‘’Tim kesehatan segera memberikan pelayanan kesehatan serta melakukan tindakan medis dengan mengupayakan protokol isolasi mandiri (isoman) sambil menunggu hasil laboratorium. Cegah tangkal  ini dilakukan guna menghindari terjadinya penularan ke anggota  keluarga yang lain,’’ tegas Ekayana.

Menurutnya, bila hasil tes swab menunjukan negatif, maka protokol  isolasi mandiri dapat dilonggarkan . Bila  hasilnya positif covid-19, maka satgas akan membantu keperluan isolasi mandiri serta memberikan tambahan keperluan dasar untuk meringankan beban keluarga tersebut.

Baca juga :  Proyek Drainase Akibatkan Pipa PDAM Denpasar Bocor, Distribusi Air Terganggu

Pihaknya juga memaksimalkan vaksinasi  berbasis  banjar adat . Seluruh warga  banjar adat  wajib menjalani vaksin yang  akan dibantu Satgas Desa Adat Penatih untuk dibawa ke tempat  vaksin yaitu di Puskesmas Dentim 2. Kegiatan ini disosialisasikan dengan baik serta arah-arahan oleh kesinoman banjar serta membunyikan kul kul  sebagai kewajiban untuk ikut divaksin

Ekayana menambahkan simulasi isolasi mandiri bagi seluruh anggota Satgas  Gotong Royong Desa Adat Penatih juga dilakukan guna memberikan pemahaman dan tata laksana penanganan isolasi mandiri secara baik dan benar. ‘’Seluruh kegiatan tersebut merupukan program inisiatif, di samping tetap dan terus melakukan sosialisasi mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,’’ tegas pengusaha BBM dan elpiji ini. (yad)

Baca juga :  Perumda Tirta Sewaka Dharma Perpanjang Gratis Tagihan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini