Bupati Lunasi Janji, Jembatan Asak-Subagan Siap Dibangun

Bupati Lunasi Janji, Jembatan Asak-Subagan Siap Dibangun
BANGUN JEMBATAN - Sebelum proses pembangunan, Dana bersama kontraktor dan jajaran terkait meninjau rancangan bangunan jembatan Asak-Subagan, Senin (26/7/2021).

Amlapura, DENPOST.id

Lama dikeluhkan warga, jembatan penghubung Desa Adat Asak dan Desa Subagan, Kecamatan Karangasem akhirnya akan dibangun kembali. Bupati Karangasem, I Gede Dana memutuskan melunasi janji mewujudkan jembatan yang lebih kokoh dengan menyiapkan anggaran Rp 1,2 miliar.

Meninjau langsung ke lapangan, Senin (26/7/2021), Dana menyertakan semua pihak yang akan terlibat dalam pembangunan dan pengawasan proses pembangunan jembatan. Di antaranya anggota DPRD Karangasem dapil Kecamatan Karangasem, Nyoman Winata; anggota DPRD Karangasem lainnya Nengah Suparta; Camat Karangasem, Cokorda Alit Surya Prabawa; Kabid Bina Marga Dinas PU Karangasem, I Wayan Surata Jaya; Lurah Subagan, Ida Ketut Putra; Bhabinkamtibmas Subagan dan Tenaga Ahli CV. Karya Budi Arta, I Gede Budiartawan.

Baca juga :  Gede Dana Bagikan Ribuan Masker ke Warga Sibetan 

Sebelum mulai pembangunan, Dana menanyakan banyak hal. Mulai dari awal kenapa jembatan ini ambruk, hingga detail struktur jembatan yang akan dibangun. “Ini guna memastikan  jembatan yang dibangun mampu bertahan lama. Sebab, jika sampai ambruk lagi setelah menghabiskan dana miliaran rupiah, pemerintah daerah akan sangat malu kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Karenanya dia juga meminta masyarakat agar ikut mengawasi proses pembangunan, sehingga jembatan dapat dibangun dengan baik dan tak mudah jebol. Tak hanya itu, Dana juga menekankan pada kontraktor agar mampu menghasilkan fisik jembatan sesuai perencanaan. “Sebab, ekspektasi masyarakat terhadap jembatan ini sangat besar, karena warga dari kedua desa selama ini sangat terbantu dengan adanya jembatan ini,” imbuhnya.

Baca juga :  Sekolah Siap Gelar PTM, Disdikpora Tunggu Izin Satgas

Uuntuk diketahui, pembangunan jembatan/box culvert TK.Subagan 3 Ruas Jalan Subagan-Asak ini menelan anggaran dari APBD Karangasem Tahun Anggaran 2021 senilai Rp 1.212.058.000. Proyek ini dikerjakan selama 150 hari kalender. Sebelumnya jembatan Asak-Subagan ini putus diterjang arus pada Februari 2019 lalu. Jalur ini merupakan salah satu jalur alternatif utama yang cukup padat menuju Kota Amlapura maupun sebaliknya. Sejak ambruk, warga harus memutar cukup jauh untuk menuju Kota Amlapura. (c/yun)

Baca juga :  Ketua DPRD Klungkung Dukung Pembangunan PKB di Kawasan Eks Galian C

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini