Vaksinasi Anjing, Dinas Pertanian Tuntaskan 150 Dusun

Vaksinasi Anjing, Dinas Pertanian Tuntaskan 150 Dusun
VAKSIN ANJING – Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar mevaksin anjing peliharaan warga, Selasa (27/7/2021).

Lumintang, DENPOST.id

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar tetap melakukan vaksin terhadap anjing peliharaan masyarakat. Hingga Selasa (27/7/2021) ini sudah memvaksin hewan penular rabies (HPR) atau anjing sebanyak 27.725 ekor anjing (89,65 persen) di 150 dusun.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri, mengatakan, puluhan ribu anjing yang divaksin menyasar anjing peliharaan, anjing liar dan diliarkan guna mencegah penularan rabies di masa pandemi Covid-19. ”Kami memvaksin anjing mendatangi balai banjar, balai desa maupun jemput bola ke rumah warga. Selain itu, menyusuri tempat umum dan tempat strategis lainnya mencari anjing liar dan diliarkan dengan cara menulup agar imun tubuhnya kebal,’’ kata Ngurah Sugiri, Selasa (27/7/2021).

Baca juga :  Dampak Corona, DNA Fokus Gelar Pelatihan Daring

Ngurah Sugiri menjelaskan, ratusan dusun dari 35 desa/kelurahan anjing sudah divaksin 27.725 ekor dari populasi yang ada 89.796 ekor anjing. Dokter hewan yang diterjunkan ke lapangan untuk mevaksin anjing peliharaan masyarakat terbatas karena masih situasi pandemi Covid-19. Namun petugas dan dokter hewan yang menjalankan tugas ini tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan virus corona. ”Kami sudah menyelesaikan vaksin terhadap anjing yang dipelihara masyarakat, diliarkan maupun liar di Kecamatan Denpasar Barat dan Denpasar Utara. Sekarang menyasar Denpasar Timur,’’ ujarnya.

Dia menyatakan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian terus gencar melakukan vaksin anjing, terutama perbatasan dengan Kabupaten Badung dan Gianyar. Dua daerah ini dikatakannya masih rawan penularan rabies, sehingga perlu memperkebal tubuh anjing agar tidak mudah diserang penyakit rabies. ”Terobosan ini kami lakukan guna mempertahankan Denpasar bebas rabies selama 4 tahun dari 2017 ampai 27 Juli 2021 ini,’’ terangnya.

Baca juga :  SPW, Solusi untuk Pengangguran Terdidik

Ngurah Sugiri mengajak masyarakat yang anjingnya belum divaksin bisa datang ke kantor Dinas Pertanian, Jl. A.Yani Utara. Sebelum datang terlebih dahulu harus menghubungi telepon kantor agar dokter hewan siap mevaksin anjing peliharaan yang dibawa. Namun masyarakat diwajibkan mengikuti protokol ksaehatan saat memvaksin anjing. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini