Di Bangli, Sekeluarga Covid-19 Dibolehkan Isoman

picsart 07 27 08.04.32
TINJAU ISOTER - Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli, saat meninjau lokasi isoter di Gedung Diklat RSJ Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli, dengan Ketua Sang Nyoman Sedana Arta juga sekaligus sebagai Bupati Bangli, mulai melonggarkan aturan yang mewajibkan warga positif Korona dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) harus isolasi terpusat (isoter). Satgas memperbolehkan OTG menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumahnya, dengan catatan jika semua anggota keluarga itu perpapar Korona.

Hal tersebut, terungkap dalam prosedur isolasi terpusat bagi masyarakat di Kabupaten Bangli, 26 Juli 2021. Adapun pernyataan mengenai isoman, tercantum pada poin empat. Di mana isolasi terpusat tidak mengakomodir masyarakat terkonfirmasi positif dengan dua kriteria. Antara lain masyarakat konfirmasi positif pada klaster keluarga, dengan catatan apabila dalam satu lingkungan keluarga/rumah seluruh anggota keluarga terkonfirmasi positif OTG, maka disarankan untuk melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan satgas desa dan pemantauan kesehatan oleh puskesmas yang mewilayahi.

Baca juga :  TNI - Polri Amankan Razia Vaksinasi Covid-19

Selain itu, orang tanpa gejala/gelaja ringan yang mampu melaksanakan isoman di rumah masing-masing dengan tempat isolasi mandiri sudah memenuhi syarat yang representatif, serta dilakukan pemantauan oleh satgas desa.

Dikonfirmasi, Humas Satgas Penanganan Covid-19 Bangli, I Wayan Dirgayusa, Selasa (27/7/2021) menjelaskan jika Bupati Bangli menginginkan seluruh masyarakat melaksanakan isoter. Pihaknya juga siap menampung berapapun masyarakat yang wajib melaksanakan isoter. Namun, belakangan banyak aspirasi masyarakat yang memohon keringanan terkait pelaksanaan isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pihak desa pun juga telah menyanggupi untuk melakukan pengawasan terhadap warganya. (128)

Baca juga :  19 Warganya Positif Corona, Desa Abuan Rencana Dikarantina 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini