Terpeleset, Dua Pendaki Nyangkut di Jurang Gunung Batur

Terpeleset, Dua Pendaki Nyangkut di Jurang Gunung Batur
SELAMAT - Dua pendaki yang berhasil diselamatkan tim petugas. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Dua orang pendaki dilaporkan terjatuh ke jurang Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Sabtu (31/7/2021). Korban diketahui bernama I Made Yoga (29), alamat Jalan Badak Agung, Denpasar dan Michael seorang perempuan berusia 25 tahun, asal Manado, Sulawesi Utara.

Mereka diketahui terpeleset ke jurang  sedalam 15 meter. Keduanya berhasil diselamatkan dan dievakuasi tim Basarnas Denpasar bersama BPBD Provinsi dibantu  BPBD Kabupaten Bangli dan jajaran TNI/Polri dan para pemandu lokal. Michael mengalami lecet pada kaki dan punggung diduga akibat benturan dengan batu padas saat jatuh.

Baca juga :  Tabung Oksigen Kosong, Stok Liquid Hanya untuk Dua Hari

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bangli, I Ketut Agus Sutapa, saat dimintai konfirmasi membenarkan adanya musibah tersebut. Kata dia, berdasarkan pengakuan korban di lokasi, mereka sejatinya akan melakukan pendakian Gunung Batur pada Jumat (30/7/2021) bersama dua rekannya. Namun yang 2 orang batal ikut ke Bangli. Korban kemudian mulai melakukan pendakian sekitar pukul 22.00 wita tanpa pemandu dengan naik dari Pura Pucak Pasar Agung Batur.

Sekitar pukul 24.00 menjelang dekat kawah gunung, korban salah jalur dan tanpa disangka terpeleset ke jurang dengan medan penuh bebatuan dan suasana gelap. Bersyukur nyawa korban selamat. “Baru tadi pagi seorang warga lokal atau saksi yang kebetulan ada di lokasi mendengar teriakan korba, sehingga dari saksi ada pesan berantai untuk minta pertolongan ke Tim Rescue,” jelasnya.

Baca juga :  Niat Ambil Tuak di Pohon Enau, Nyelem Tewas Terjatuh

Tim gabungan terdiri dari Basarnas Denpasar, BPBD, Polsek Kintamani, Koramil Kintamani, pemandu lokal, baru berhasil mengangkat korban dari dasar jurang sekitar pukul 13.00 wita. Selanjutnya korban diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini