6.832 Nakes di Badung Jalani Vaksinasi Dosis Tiga

Konsep Otomatis

Mangupura, DENPOST.id

Vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) secara serentak akan dilaksanakan, Selasa (3/8/2021). Sebelum penyuntikan vaksinasi, seluruh nakes akan menjalani screening untuk mengetahui kondisi kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr. Nyoman Gunarta mengatakan vaksinasi ini akan dilaksanakan langsung di tempat para nakes bertugas. Untuk itu, pihaknya pun sudah mendapatkan 480 vial vaksin Moderna dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali. “Untuk seluruh nakes yang bertugas di 13 puskesmas dan delapan rumah sakit yang ada di Badung mulai besok (Selasa-red) sudah bisa dijalankan. Sementara untuk di RSD Mangusada dilaksanakan hari ini karena kebetulan siap. Jadi kita mulai saja langsung,” ujar Gunarta, Senin (2/8/2021).

Baca juga :  Naik, Penumpang yang Terlayani di Bandara Ngurah Rai Selama Libur Lebaran

Menurut dia, dalam satu vial vaksin Mmoderna sedikit berbeda dengan dosis vaksin Sinovac, karena dapat digunakan untuk 14 orang. Sedangkan untuk vaksin jenis Sinovac hanya dapat digunakan untuk 10 orang. Vaksinasi ini akan dilaksanakan kepada 6.832 nakes dengan beberapa persyaratan khusus.
“Mereka yang akan divaksin harus sudah mengikuti vakinasi dosis pertama dan kedua dari vaksin Sinovac, dengan minimal tiga bulan jarak dari vaksinasi sebelumnya. Kemdian nakes yang akan menerima vaksin tidak terkena Covid-19 selama rentang waktu tiga bulan tersebut, kalau misalkan terkena Covid-19 dalam sebulan atau seminggu yang lalu harus menunggu sampai tiga bulan ke depan untuk vaksin Moderna,” jelas dokter asal Sibang Gede ini.

Mantan Direktur RSD Mangusada ini menambahkan vaksinasi dosis ketiga ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih pada nakes dalam bekerja. Pihaknya juga mengatakan vaksinasi menggunakan vaksin pemberian Amerika Serikat ini sampai saat ini hanya ditujukan kepada nakes. “Untuk nakes yang sedang hamil juknisnya sudah terbit jadi dapat diberikan, kemudian untuk yang memiliki penyakit komorbid pun bisa, tentunya setelah melalui screening,” terangnya. (115)

Baca juga :  Hujan Masih Merata di Wilayah Bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini