PPKM Diperpanjang Hingga 9 Agustus

PPKM Diperpanjang Hingga 9 Agustus

Denpasar, DenPost

Di tengah masih tingginya kasus covid-19 di Bali, pemerintah  memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 selama sepekan ke depan yakni hingga Senin (9/8/2021). Dengan demikian, PPKM Level 4 ini merupakan perpanjangan kedua setelah berakhir pada Senin (2/8/2021). Perpanjangan PPKM tersebut diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyebutkan pada PPKM Level 4 lanjutan ini, pemerintah melakukan isolasi dan treatment secara masif, termasuk menjaga keterisian tempat tidur (BOR), penampahan pasilitas isolasi terpusat serta menjamin ketesediaan obat-obatan serta pasokan oksigen.

Baca juga :  BNNP Gagalkan Peredaran 100 Gram SS

Presiden menambahkan PPKM Level 4 sejak 26 Juli hingga 2 Agustus membuktikan bahwa ada perbaikan dalam segala hal di tingkat nasional dibanding sebelumnya. Hal itu menyangkut kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan persentase BOR. ‘’Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus beberapa minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan PPKM Level 4 dari 3 Agustus hingga 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu, dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas sesusai kondisi masing-masing daerah,’’ tegas Kepala Negara.

Sedangkan Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Made Rentin menerangkan kasus covid-19 di Bali mulai menurun sejak dua hari terakhir. Pada Minggu (1/8/2021) kasus positif bertambah 1.146, sedangkan Senin kemarin kasusnya menjadi 1.044. Tambahan di atas 1.000 ini sejatinya merupakan lonjakan luar biasa, mengingat sebulan lalu tambahan kasus harian relatif terkendali di bawah 1.000.

Baca juga :  Diuji Cepat Antigen, Seorang Pelanggar Prokes Positif

Made Rentin menerangkan pasien sembuh juga relatif tinggi meski fluktuatif. Pada periode Minggu lalu, sebanyak 839 pasien sembuh, namun pada Senin turun menjadi 770. “Pasien meninggal dunia 47, sehingga total menjadi 2.231 orang. Mereka terdiri atas 2.225 WNI dan enam WNA. Sedangkan pasien dalam perawatan sebanyak 12.911,” terangnya.

Jumlah pasien meninggal pada Senin melonjak dibanding Minggu lalu yang hanya 33 orang. (wir)

Baca juga :  Denpasar Tambah 2 Positif Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini