Alami Kebocoran, Docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi Dipercepat

picsart 08 06 08.33.22
KAPAL RORO - Kapal Roro Nusa Jaya Abadi.

Semarapura, DENPOST.id

Dinas Perhubungan (Dishub) Klungkung mempercepat perawatan atau docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi tahun 2021. Rencana awal, kapal yang melayani penumpang dari Nusa Penida menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem ini masuk galangan pada Oktober 2021.

Tetapi, dipercepat menjadi awal September 2021. Kondisi ini terjadi lantaran kapal yang memiliki ciri warna kuning bergaris merah ini mengalami kebocoran.

Kepala Bidang Angkutan dan Sarana Dishub Klungkung, I Komang Sudiarta, ketika dikonfirmasi, Jumat (7/8/2021) mengakui jadwal kapal Roro Nusa Jaya Abadi dipercepat. Hal ini dilakukan lantaran kapal bantuan Provinsi Bali tersebut mengalami kerusakan, yakni di bagian bawah kamar mesin bocor.

“Kebocoran dari plat lunas kamar mesin dengan diameter lima sentimeter. Hal itu kemungkinan terjadi karena pengeroposan pada plat lunas bawah dan penipisan plat,” ungkap Sudiarta.

Baca juga :  Warga Nusa Penida Panen Jagung Ditengah Pandemi Covid-19

Namun, menurut Sudiarta, kebocoran tersebut untuk sementara sudah ditangani dengan melakukan proof menggunakan packing karet dan plat. Hanya saja, Biro Klasifikasi (BKI) yang sudah sempat melihat kerusakan tersebut merekomendasikan agar kapal roro untuk sementara tidak beroperasi mulai, 28 Juli 2021.

“Dari hasil rekomendasi, perbaikan harus dilakukan di galangan kapal. Sekarang kapal masih berada di Nusa Penida. Tapi karena bocor itu kami percepat docking,” katanya. (119)

Baca juga :  Stok Darah Menipis, Ratusan Guru di Klungkung Donor Darah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini