Masih Aktif, Mortir yang Ditemukan di Kebun Warga Diledakkan

Masih Aktif, Mortir yang Ditemukan di Kebun Warga Diledakkan
MORTIR - Penemuan mortir di kebun warga di Banjar Dinas Jegu Tengah, Penebel, Tabanan, Rabu (11/8/2021).

Tabanan, DENPOST.id

Mortir yang diyakini bekas perang tertimbun tanah di kebun warga Banjar Dinas Jegu Tengah, Penebel, Tabanan. Karena masih aktif dan berbahaya, mortir itu dibawa ke pantai untuk diledakkan.

Menurut salah seorang aparat di Polda Bali, Kamis (12/8/2021), setelah ditemukan di kebun warga pada Rabu (11/8/2021) sore, mortir dibawa Pantai Kelanting, Kerambitan, Tabanan, oleh Sat. Brimob Polda Bali untuk diledakkan. “Diledakkan menggunakan alat dan kabel yang dibentangkan ke mortir. Ledakannya tidak terlalu besar. Namun tetap berbahaya, karena puluhan tahun tertimbun tanah, mortir itu masih aktif,” katanya.

Baca juga :  Sejumlah Perumahan Terendam Banjir, Jembatan Penghubung Putus

Dilanjutkannya, Tim Jihandak Brimob Polda Bali menyakini mortir itu bekas masa perang. Sisa dari ledakannya yakni penutup dan casing dibawa ke Mako Brimob Polda Bali untuk diselidiki lebih lanjut. “Untuk mengetahui buatan apa dan tahun pembuatannya,” terangnya.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Syamsi, mengatakan, mortir yang ditemukan itu berjenis The British 2 inch (51 mm) Mark 1. “Untuk tahun pembuatannya sendiri belum bisa dipastikan,” ucapnya. (124)

Baca juga :  Kapolsek Penebel Lumpuhkan ODGJ Ngamuk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini