Sidak PPKM Level 4 Tak Temukan Pelanggar, Disiplin Prokes Diklaim Meningkat

Sidak PPKM Level 4 Tak Temukan Pelanggar, Disiplin Prokes Diklaim Meningkat
DIBERI PERINGATAN – Tim Yustisi Kota Denpasar memberi peringatan kepada salah seorang warga yang salah memakai masker saat terjaring sidak PPKM level 4 di simpang tiga Jl. Gunung Soputan-Jl. Gunung Lumut, Denpasar, Jumat (13/8/2021).

Padangsambian Kelod, DENPOST.id

Jarang terjadi, Sidak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang digelar Tim Yustisi Kota Denpasar, Jumat (13/8/2021) tidak menemukan pelanggaran. ”Selama 2 jam sidak digelar di simpang Jl. Gunung Soputan-Jl. Gunung Lumut, Desa Padangsambian Kelod, Denpasar Barat (Denbar) tim tidak menemukan warga tanpa masker. Tim kami hanya menjaring lima pemotor yang tidak sempurna memakai masker sehingga diberi peringatan sekaligus dibina agar tidak mengulangi kesalahan kedua kali,’’ kata Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga.

Baca juga :  Terancam Hukuman Mati, Begini Ekspresi Pasangan Lesbi Asal Jatim

Menurut Anom Sayoga, nihilnya warga yang dedenda dalam sidak tersebut mengindikasikan disiplin protokol kesehatan (prokes) masyarakat semakin meningkat. “Semoga disiplin ini kian ditingkatkan, sehingga angka positif Covid-19 sama-sama bisa kita kendalikan,” ucapnya.

Dia mengakui selama sidak perpanjangan PPKM level 4 ada penurunan pelanggaran prokes. “Buktinya saat melakukan sidak dari pagi, siang dan malam pelanggaran hingga penjatuhan sanksi denda sedikit. Kedisplinan masyarakat mulai tumbuh dan kesadaran mematuhi prokes juga meningkat, walaupun masih ada satu dua masyarakat yang tidak memakai masker,” katanya.

Bersana tim gabungan seperti Dinas Perhubungan, TNI dan Polri pihaknya tetap menyerukan masyarakat agar terus melaksanakan gerakan disiplin prokes 6 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan  mengurangi mobilitas. “Mengikuti 3T (tracing, treatment, testing) juga perlu dilaksanakan bersama-sama guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kalau kesehatan mulai terganggu, segera berobat dan menjalani isolasi karena sudah disiapkan tempat isolasi terpusat di hotel,’’ ujar Anom Sayoga.

Baca juga :  Warga Miskin yang Terdampak Covid-19 Bakal Diberi Sumbangan

Salah seorang penyintas Covid-19, Made Oka Andi Wirawan mengatakan, disiplin prokes sangat penting karena menjadi kunci keberhasilan melewati pandemi Covid-19. “Kalau bisa semua warga sadar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sebelum terpapar virus. Karena ketika sudah terpapar, hidup terasa sangat tidak nyaman, badan lemas, tidak berselera makan dan minum karena tidak merasakan apa-apa. Saya sudah merasakannya, beruntung saya dan keluarga bisa melewati dengan aman karena ketat menerapkan protokol kesehatan. Intinya jangan abaikan prokes,” saran pria yang tinggal di wilayah Peguyangan Kaja, Denpasar Utara itu. (103/suryaningsih)

Baca juga :  Target Belum Terpenuhi, Sekolah Swasta Berharap Kuota Negeri Tak Bertambah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini