Diduga Depresi Adik Kandung Meninggal, Laba Pilih Gantung Diri

picsart 08 17 07.52.13
OLAH TKP - Polisi, saat melakukan olah TKP di tempat kejadian kakek Laba gantung diri di Banjar/Desa Suwat, Gianyar, Selasa (17/8/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Diduga karena depresi setelah adik kandungnya meninggal duluan, Wayan Laba (80) warga Banjar Suwat Kaja, Desa Suwat, Gianyar nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Laba ini gantung diri menggunakan selendang warna kuning di kandang babi miliknya, Selasa (17/8/2021).

Informasi yang berhasil dikumpulkan menyebutkan sekitar satu bulan lalu adik kandung Laba, yakni Kak Tumon meninggal dunia dan mayatnya sudah dikremasi. Sepeninggal Tumon, membuat penyakit Laba lebih parah. Bahkan tiap hari Laba mengigau (ngemigmig) menanyakan keberadaan adiknya Tumon, dan Laba ingin ikut sama adiknya. ”Sejak adiknya meninggal dunia, Laba sakitnya semakin parah. Dia sering mengigau kapan dirinya akan mati,” ujar seorang sumber.

Wayan Laba gantung diri di kandang babi miliknya dan ditemukan pertama kali saksi I Wayan Suanta yang merupakan keponakan korban. Saat itu, Suanta tidak melihat pamannya di rumah, sehingga melakukan pencarian ke kandang babi. Tiba di kandang babi, saksi Suanta melihat korban dalam keadaan tergantung dengan selendang warna kuning.

Baca juga :  Kasus PMK Pengaruhi Penjualan Sapi di Pasar Hewan Beringkit

Atas kejadian tersebut, saksi  Suanta kemudian memberitahukan kejadian tersebut kepada saksi I Wayan Sukanarta dan saksi I Wayan Arimbawa. Selanjutnya mereka bersama-sama menurunkan korban Wayan Laba dengan cara melepaskan ikatan kain selendang warna kuning.

Mendapatkan informasi ada yang gantung diri, selanjutnya Bhabinkamtibmas mendatangi TKP dan menghubungi Polsek Gianyar untuk menindaklanjuti kasus ini.

Kapolsek Gianyar, Kompol IGN Yudistira mengatakan atas laporan Bhabinkamtibmas, selanjutnya Unit SPKT Polsek Gianyar bersama tim medis dari Puskesmas Gianyar II mendatangi TKP kemudian melakukan olah TKP dan minta keterangan sejumlah saksi, serta melakukan pemeriksaan luar terhadap jenazah korban.

Baca juga :  579 Orang Positif Covid-19 dan 14 Pasien Meninggal Dunia di Denpasar

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis, Wayan Laba tewas murni karena gantung diri. Tim medis dan polisi tidak menemukan tanda-tanda penganiayaan atau tindk kekerasan yang dilakukan orang lain. Atas musibah ini, keluarga telah mengikhlaskan kepergian korban dan jenazah Kakek Laba dibawa untuk dititipkan sementara ke RS Sanjiwani  Gianyar menggunakan ambulan. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini