Di Klungkung, Pemindahan Warga Isoman ke Isoter Makin Masif

Di Klungkung, Pemindahan Warga Isoman ke Isoter Makin Masif
ISOTER - Puluhan warga terkonfirmasi Covid-19 diantar menggunakan bus Dinas Perhubungan untuk menjalani isoter di hotel Vasini, Denpasar, Jumat (20/8/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Polres Klungkung bersama TNI dan petugas kesehatan bergerak masif menyisir warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Petugas berupaya membujuk agar warga yang menjalani isoman mau dipindahkan menjalani isolasi terpusat (isoter). Apalagi masih ada sejumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 enggan menjalani isolasi terpusat dengan alasan, jauh dari keluarga dan ragu dengan fasilitas perawatan di tempat isolasi terpusat.

Seperti yang dialami salah seorang warga Semarapura, Putu Utami. Awalnya dirinya merasa berat hati harus menjalani isoter di Denpasar. Karena merasa jauh dari lingkungan asal, juga membayangkan di lokasi isoter tidak ada yang memperhatikan. Belum lagi dia memiliki anak yang masih kecil.

Baca juga :  Suwirta Kembali Lepas PMI yang Tuntas Karantin  

“Tapi setelah dijemput petugas dan saya jalani selama seminggu, ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Saya mendapat perhatian dari petugas kesehatan. Syukur cepat bisa sembuhnya,” ungkapnya, Jumat (20/8/2021).

Sementara Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, mengatakan, selama warga menjalani isoter, selain mendapat jatah makan bergizi kaya akan protein dan nutrisi, juga mendapat bantuan obat dan vitamin, serta terkontrol kondisi kesehatannya.  “Di tempat isoter Pemerintah Kabupaten Klungkung menyiapkan tenaga kesehatan dalam merawat warga yang terkonfirmasi Covid-19,” ungkap Dhanuardana.

Baca juga :  Naikkan Sumber Mata Air Segening, Klungkung Siapkan Anggaran Rp 1,4 Miliar

Menurut Kapolres, tempat isolasi terpusat merupakan salah satu langkah mempercepat penurunan jumlah kasus Covid-19 di Klungkung. Pentingnya isolasi terpusat untuk memudahkan penanganan pasien positif Covid-19 khususnya yang tanpa gejala.  Selain memindahkan isoman menjadi isoter, Polres Klungkung juga tetap gencar melakukan gerai vaksinasi serta mensosialisasikan protokol kesehatan. Sebab, saat ini menjalankan protokol kesehatan dinilai efektif dalam mencegah penularan Covid-19.

“Saya tetap perintahkan anggota, rutin melaksanakan sosialisasi prokes. Sebab ini penting juga untuk menghindari resiko terpapar Covid-19,” katanya. (119)

Baca juga :  Masuk Klungkung Tidak Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini