Vaksinasi Tahap Tiga di Badung Sudah Capai 94,6 Persen

picsart 08 23 09.59.03
Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra.

Mangupura, DENPOST.id

Program vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Badung hampir mencapai 100 persen. Berdasarkan data yang diperoleh dari 5.533 nakes yang ditargetkan, tinggal 301 nakes yang belum tervaksinasi.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung, I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Senin (23/8/2021) membenarkan masih terdapat nakes yang belum tervaksinasi Moderna. Dilihat dari persentase capaian vaksinasi hingga 22 Agustus 2021, telah mencapai 94,6 persen.

Baca juga :  Bandara Ngurah Rai Gelar Simulasi Kedatangan Penumpang

“Ada keterlambatan untuk vaksinasi ketiga. Ini karena Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dari vaksin Moderna ternyata mengakibatkan demam dua sampai tiga hari, sehingga harus dijadwalkan nakes yang akan divaksinasi,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya KIPU pihaknya harus mengatur jadwal nakes yang akan divaksinasi ketiga, sehingga melenceng dari target yang ditetapkan. “Nakes yang akan divaksin harus dijadwalkan tidak bisa 200 orang per hari sesuai target, karena kalau divaksin serempak nakes tidak bisa kerja pastinya menimbulkan masalah di pelayanan kesehatan,” terangnya.

Baca juga :  Terjerat Kasus Korupsi Pepadu, Mantan Kabid Pertanian Jembrana Ditahan

Dikatakannya, nakes yang akan mengikuti vaksinasi juga harus melengkapi diri dengan fakta integritas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang benar bekerja sebagai nakes. “Fakta integritas ini untuk memastikan bahwa benar nakes yang akan menerima vaksin bekerja di fasilitas kesehatan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta mengatakan nakes yang mendapat vaksinasi tahap ketiga adalah mereka yang sudah dapat injeksi Sinovac dua kali, sehingga semua nakes itu pun akan diberikan vaksinasi dosis ketiga. (115)

Baca juga :  Nyepi, Operasional Bandara Ngurah Rai Tutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini