Padang Bai Buka Gerai Vaksinasi Dua Kali Seminggu

Padang Bai Buka Gerai Vaksinasi Dua Kali Seminggu
GERAI VAKSIN - Bupati Karangasem dan Kapolres Karangasem saat berkunjung ke gerai vaksinasi di Pelabuhan Padang Bai.

Amlapura, DENPOST.id

Pemeriksaan ketat penumpang keluar-masuk Bali di Pelabuhan Padang Bai, Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem masih terus dilakukan. Mengantongi surat bebas Covid-19 dan sertifikat vaksinasi menjadi dokumen yang harus ditunjukkan calon penumpang. Mempermudah hal tersebut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Padang Bai Kini menyediakan gerai vaksinasi. Sejak awal Agustus, vaksinasi dilayani dua kali dalam seminggu.

Koordinator Wilayah Kerja Kesehatan Pelabuhan Padang Bai, Putu Suardiana, mengungkapkan, pihaknya melayani vaksinasi tiap hari Selasa dan Jumat. “Gerai vaksin gratis sudah ada sejak awal pemberlakukan PPKM. Awalnya tiap hari. Namun sejak awal Agustus jadi dua kali dalam seminggu,” terangnya saat diwawancarai pada Rabu (25/8/2021). Lebih lanjut ia menuturkan, gerai vaksin ini mendapat sambutan antusias dari para penumpang. Khususnya penumpang yang keluar Bali. “Perbandingannya penumpang keluar 90 persen dan penumpang masuk kisaran 10 persen yang ikut vaksinasi,” tambahnya.

Baca juga :  Kenestapaan Kadek Rio Pastika, Warga Cutcut yang Terpaksa Putus Sekolah Karena Lumpuh

Tak hanya vaksin dosis pertama, KKP Padang Bai juga melayani vaksin dosis kedua. “Kemarin ada 50 penumpang yang kita vaksin. Rincian 24 orang vaksin dosis pertama dan 26 orang vaksin dosis ke-2,” paparnya. Dengan upaya ini, lanjutnya, tak lagi ada alasan penumpang tak dapat menunjukkan sertifikat vaksin karena kesulitan mencari tempat vaksinasi.

Pantauan media di lapangan, kegiatan vaksinasi  dilaksanakan  di Gedung PT. ASDP Padangbai. Informasi di lapangan menyebutkan ada sejumlah kendala saat melakukan vaksinasi. Salah satunya kendala tenaga kesehatan yang kurang memadai akibat sebagian masih berjaga di isolasi terpusat (isoter). Tak hanya itu dalam satu vial vaksin juga harus digunakan 10 orang. Dengan jumlah yang sulit diprediksi tiap hari, hal tersebut menjadi kendala.

Baca juga :  Buka Jasa Secara Daring, Hasil Mencukur Hanya Cukup untuk Makan

Bupati Karangasem, I Gede Dana bersama Kapolres Karangasem, AKBP Riko A.A Tarun sempat melakukan pemantauan, Selasa (24/8/2021) lalu. Keduanya memastikan proses pelaksanan vaksinasi di Pelabuhan Padang Bai beberjalan optimal. Pihaknya juga mengimbau untuk memastikan penumpang yang tidak membawa sertifikat vaksin diberi vaksinasi. “Bagi masyarakat yang belum memiliki Suket Vaksin tiba di Pelabuhan Padangbai akan dilakukan pengecekan serta koordinasi dengan instansi terkait untuk pelaksanaan vaksin. Yang bersangkutan diminta menunggu di ruangan yang telah disediakan untuk mendaftarkan diri divaksin di Kantor Kesehatan Pelabuhan,“ kata Ricko. (yun)

Baca juga :  Satpol PP akan Cek APD di Ruang Publik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini