Wagub Ingatkan Zona Hijau Mampu Optimalkan Isoter Berbasis Desa

picsart 08 25 06.52.01
TINJAU ISOTER - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, saat meninjau isoter berbasis desa, di Kantor Camat Ubud, Gianyar, Rabu (25/8/2021).

Sumerta Kelod, DENPOST.id

Tiga kawasan yang ditetapkan pemerintah sebagai zona hijau, yakni Ubud, Sanur dan Nusa Dua diharapkan dapat mengelola tempat isolasi terpusat (Isoter) secara optimal. Isoter harus dilaksanakan secara disiplin, sehingga kasus positif Covid-19 dapat ditekan secara bertahap.

Demikian pesan yang disampaikan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, saat Isoter Berbasis Desa, di Kantor Camat Ubud, Gianyar, Rabu (25/8/2021).

Baca juga :  Disbud Akui Pemerintah Kesulitan Soal Ini

“Sebagai salah satu green zone, bersama dengan Sanur dan Nusa Dua, saya berharap pelaksanaan Isoter Berbasis Desa ini membuahkan hasil dalam menekan laju penyebaran virus,” ujarnya.

Penegasan tersebut juga sejalan dengan arahan Menko Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, yang mengatakan tingginya angka kasus di Bali, dikarenakan banyak pasien OTG yang menjalankan isoman, sehingga laju penyebarannya tidak bisa dikontrol.

Baca juga :  Ini Tips Agar Anak Betah di Rumah

Dia menerangkan, layanan isoter yang disediakan Pemprov Bali pada umumnya memberdayakan hotel-hotel berbintang. Sedangkan Isoter Berbasis Desa memberdayakan fasilitas di desa. “Mungkin banyak masyarakat yang kurang nyaman jika harus diisolasi di hotel dan jauh dari tempat tinggal. Sehingga isolasi secara terpusat dengan fasilitas desa bisa menjadi salah satu solusi,” bebernya.

Untuk itu, Cok Ace pun mendorong desa-desa untuk terus meningkatkan jumlah isoter, serta mengajak masyarakat untuk tidak ragu lagi menjalani perawatan di isoter selain juga testing.
“Tentu saja target vaksinasi terus kita kejar, sehingga masyarakat Bali bisa memenuhi target vaksin pada September mendatang,” ujarnya.

Baca juga :  Koster Idamkan Transportasi Bali Saingi Singapura

Sementara Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin menerangkan konsep Isoter Berbasis Desa bisa memanfaatkan rumah-rumah penduduk yang tidak terpakai atau fasilitas desa, dengan pengawasan ketat dari aparat desa. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini