Edarkan Puluhan Kilogram Ganja, Tukang Gorden dan Pedagang Tas Dituntut 20 Tahun Bui

Konsep Otomatis
Edarkan Puluhan Kilogram Ganja, Tukang Gorden dan Pedagang Tas Dituntut 20 Tahun Bui

Denpasar, DenPost.id

Terdakwa pemilik serta pengedar 24 kilogram (kg) ganja disidangkan secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Rabu (25/8/2021) siang. Sebelumnya terdakwa Rudianto (42), tukang korden asal Tasikmalaya, Jabar, dan Karnanda alias Okem (22), pedagang tas asal Padangsidimpuan, Sumatera Utara, mendapat kiriman narkoba dari Sumatera melalui jalur darat ke Bali.

Barang terlarang itu dikirim orang bernama Manek yang  masih buron. Dari 24 kg ganja tersebut, seberat 22 kg berhasil diedarkan kedua terdakwa. Sedangkan sisanya dalam bentuk peket kecil berhasil disita polisi saat penangkapan hingga dijadikan barang bukti oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan. “Pada dakwaan pertama, kedua terdakwa dinyatakan melakukan percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual,  membeli, menjadi perantara, jual-beli narkotika golongan I dalam bentuk tanaman ganja sebanyak 28 paket dengan berat keseluruhan 2.205 gram,” kata jaksa Ni Ketut Muliani.

Baca juga :  Begini Kronologi Terceburnya Dua Penumpang KMP Marina

Perbuatan terdakwa itu, tambah Muliani, diatur dan diancam Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Di samping itu, dalam dakwaan kedua, Muliani menjerat kedua terdakwa dengan Pasal  111 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (2) UU yang sama. Dua pasal ini membuahkan ancaman pidana maksimal 20 tahun bui.

 

Mengenai dakwaan ini, kedua terdakwa yang didampingi penasihat hukum dari PBH Peradi Denpasar, tidak mengajukan keberatan atau eksepsi. Sidang selanjutnya digelar dengan pembuktian atas dakwaan JPU dengan menghadirkan para saksi. (yan)

Baca juga :  Objek Wisata di Buleleng Mulai Ditutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini