Suwirta Beri Semangat Made Anggun

picsart 08 26 08.28.42
BERI SEMANGAT - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, yang memberi semangat siswa SD, Made Anggun Esa Putri (10) yang menjadi duta Provinsi Bali, dalam lomba bertutur (bercerita) tingkat nasional 2021, Kamis (26/8/2021)

Semarapura, DENPOST.id

Walaupun situasi masih pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat siswa di Kabupaten Klungkung untuk mengejar prestasi. Seperti yang dilakukan Made Anggun Esa Putri (10). Siswi kelas V SDN 1 Takmung, Kecamatan Banjarangkan ini menjadi duta Provinsi Bali, dalam lomba Bertutur (bercerita) tingkat nasional 2021, yang digelar Perpustakaan Nasional.

Sebelum tampil ke tingkat nasional, anak dari pasangan suami istri Putu Gede Anom Ariantara dan Ni Kadek Ayu Suryaningsih Aryawati ini, sempat berpamitan dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Kamis (26/8/2021).

Didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, I Komang Wisnuadi, Anggun juga sempat menunjukkan kepiwaiannya bertutur dihadapan Bupati Suwirta.

Dalam lomba bertutur, siswi asal Dusun Kawan, Desa Takmung ini membawakan cerita berjudul “I Ceker Cipak”. Cerita tersebut, mengandung pesan moral orang yang rajin dan tekun menjalankan perintah agama akan mendapat imbalan berlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Sedangkan orang yang suka mengambil hak milik orang lain akan mendapat balasan yang setimpal.

Baca juga :  Wujud Implementasi Merawat Bumi, Badung Tebar Ini

Kepala SDN 1 Takmung, I Nyoman Mudarta yang ikut mendampingi mengucapkan rasa syukur dan apresiasi atas kerja keras guru kelas, I Dewa Gede Sudharmanta selaku guru pembina. Termasuk dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung yang mendampingi dan memberikan masukan, sehingga apa yg diharapkan bisa tercapai.

Sementara Suwirta juga memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih Made Anggun Esa Putri, sehingga menjadi duta Provinsi Bali pada lomba Bertutur yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional. Apalagi menurut Suwirta, ada dampak positif yang bisa diambil dari bertutur (bercerita), apabila anak-anak yang suka mendengarkan cerita tersebut, bisa memetik makna yang terkandung dari cerita tersebut, sehingga ke depan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga :  Terkesan "Nungkak", Pengerjaan Senderan Pura Taman Amerta BB Agung

“Mari ingat pada zaman dahulu, ketika kita semua diceritakan tentang cerita rakyat oleh orang tua kita. Melalui cerita tersebut, dapat membentuk karakter kita, perilaku datangnya dari cerita yang kita dengarkan,” ujar Suwirta.

Suwirta berpesan kepada Anggun Esa Putri agar dapat berlatih dengan baik dan tetap mengikuti arahan pembina, serta masukan pendampingan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

“Saya mendoakan agar Made Anggun Esa Putri dapat mejadi juara 1 tingkat nasional pada lomba Bercerita. Selamat berlomba,” ucap Suwirta. (c/119)

Baca juga :  Sidak ke Gilimanuk, Dishubdat Temukan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini