Jembrana Siapkan Ribuan SDM untuk Rencana Ini

Jembrana Siapkan Ribuan SDM untuk Rencana Ini
PEMAPARAN DESAIN - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, menghadiri pemaparan desain program strategis Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Jembrana tentang Rencana Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Pekutatan, Jumat (27/8/2021).

Negara, DENPOST.id

Pembangunan jalan tol direncananan akan diimbangi dengan  pengembangan kawasan pariwisata di Pekutatan. Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, seusai  menghadiri  pemaparan desain program strategis Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Jembrana tentang Rencana Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Pekutatan, Jumat (27/8/2021) mengatakan, pada prinsipnya ia dengan segenap jajaran Pemkab Jembrana sangat mendukung proyek besar pengembangan kawasan  pariwisata ini.

Dengan adanya Jalan Tol Gilimanuk-Pekutatan ini, Tamba meyakini akan berdampak pada peningkatan PAD di Jembrana, apalagi imbasnya  di Kecamatan Pekutatan sendiri. Di kecamatan paling timur Kabupaten Jembrana  itu akan dibangun juga kawasan wisata berskala internasional yang digagas oleh PT Paramourt.

Baca juga :  Berdayakan Perempuan Lewat Pelatihan Tata Rias

Penandatanganan MOU investasi sudah dilangsungkan beberapa waktu lalu di Jembrana. “Ini merupakan sesuatu yang sangat didambakan demi kemajuan Kabupaten Jembrana ke depannya. Saya juga telah menginstruksikan kepada jajaran OPD di Pemerintah Kabupaten Jembrana tidak ada yang menghambat. Jika ditemukan aturan yang menghambat segera cari solusinya dan diselesaikan sehingga bisa dipercepat. Jadi tidak ada kata tidak bisa, harus bisa, namun tetap harus berjalan sesuai aturan yang berlaku. Proyek ini sangat-sangat kita harapkan segera terealisasi,” ucapnya.

Tamba mengatakan, ketika nanti proyek besar ini dilakukan peletakan batu pertama, Jembrana sendiri tidak tinggal diam. Meskipun proyek ini nanti diprediksi mampu menyerap ribuan tenaga kerja dan bisa mengakomodir seluruh tenaga kerja dari Kabupaten Jembrana, namun lebih kepada bagaimana menyiapkan generasi muda Jembrana sebagai tenaga kerja yang profesional.

Baca juga :  Ibu Hamil dan Lansia Rawan Tertular, Masyarakat Diingatkan Taat Prokes

“Kita akan siapkan dari sisi SDM (Sumber Daya Manusia)-nya. Selain itu juga mengupayakan dan mengembangkan UMKM-UMKM di Jembrana. Jadi saat pengembang melaksanakan ground brangking, anak-anak Jembrana kita sekolahkan, sehingga kira-kira begitu 3 tahun berjalan, anak-anak di Jembrana siap menjadi tenaga kerja yang bagus, andal, dan profesional. Itu menjadi salah satu fokus kita  mempersiapkan SDM yang unggul,” ujarnya.

Terkait wahana hiburan yang nantinya kembangkan di Kecamatan Pekutatan, Tamba mengatakan akan dipadukan dengan budaya lokal khususnya budaya khas Jembrana seperti makepung dan kesenian Jegog. “Saya ingin nanti selain konsep wisata berskla internasional dengan berbagai item di dalamnya juga diisi dengan wisata budaya khas Jembrana, seperti terdapat spot untuk pementasan kesenian jegog dan spot untuk makepung. Itu memiliki nilai jual pariwisata yang sangat tinggi, karena itu merupakan just only one (satu-satunya) hanya di miliki oleh Kabupaten Jembrana,” pungkasnya. (120)

Baca juga :  MPP Jembrana Disiapkan Tambahan Anggaran Rp 4 M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini