Oktober, BMKG Prediksi Bali Masuki Musim Hujan

picsart 08 27 08.40.11
CUACA - Prakiraan cuaca dini di Pulau Bali.

Kuta, DENPOST.id

Musim hujan tahun 2021/2022 diprediksi akan maju dari biasanya. Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat memprediksi musim hujan akan datang lebih awal dari biasanya pada tahun ini.

Termasuk wilayah Bali, yang diprediksi memasuki musim hujan pada Oktober 2021.
Selain itu, sejumlah wilayah di Indonesia juga diprediksi akan mengalami musim hujan lebih besar dari biasanya. Seperti di antaranya sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau bagian selatan, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat hingga selatan, Sulawesi, Maluku Utara bagian barat, Pulau Seram bagian selatan dan Papua bagian selatan.

Baca juga :  Hilang Saat Melaut, Andi Ditemukan Selamat

Berkenaan dengan hal itu, BMKG mengimbau dan memperingatkan pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati dalam rilisnya, Jumat (27/8/2021) memaparkan puncak musim hujan periode 2021/2022 diprediksi akan terjadi pada Januari dan Februari 2022. Dari total 342 Zona Musim (Zom) di Indonesia, sebanyak 14,6 persen diprediksi akan mengawali musim hujan pada September 2021. Di antaranya Sumatera bagian tengah dan sebagian Kalimantan. Kemudian 39,1 persen wilayah pada Oktober 2021, meliputi Sumatera bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali.

Baca juga :  Sempat Memanas, Banggar "Semprot" TAPD Badung

Sementara itu, sebanyak 28,7 persen wilayah lainnya pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali – Nusa Tenggara, dan Sulawesi. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini