Tenganan Pegringsingan Jadi Terbaik Pertama Trisakti Tourism Award 2021

picsart 08 27 08.41.14
TERIMA PENGHARGAAN - Bupati Karangasem, I Gede Dana, usai menerima penghargaan.

Amlapura, DENPOST.id

Desa Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis, Karangasem berhasil menyabet terbaik pertama dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021. Tenganan Pegringsingan berhasil menyisihkan 242 desa wisata lainnya yang ikut dalam ajang Wisata Desa ini.

Keberhasilan ini, tak hanya membuat bangga para warga Desa Tenganan, namun juga seluruh masyarakat Karangasem, termasuk Bupati Karangasem, I Gede Dana.

Bahkan, Kamis (26/7/2021) Bupati Dana langsung bertolak ke Jakarta, untuk menerima penghargaan secara langsung.

Baca juga :  Masyarakat Pengelola Diminta Tetap Jaga Hutan Bali Barat

Ditemui, Jumat (27/8/2021) Dana berharap prestasi ini dapat menjadi cambuk bagi desa wisata lainnya untuk terus berbenah. “Saya merasa tertantang dalam mengembangkan desa wisata di Karangasem. Tidak hanya satu, bahkan saya berharap dalam ajang yang sama tahun depan, 22 desa wisata di Kabupaten Karangasem bisa memperoleh prestasi di semua kategori,” ujar Dana.

Lebih lanjut ia menuturkan, usai pandemi Covid-19 dapat terkendali, pihaknya akan mulai melakukan penataan pada 22 desa wisata yang ada di Karangasem. Tak hanya itu, dia akan rutin melakukan pembinaan dan mengembangkan potensi masing-masing desa.

Baca juga :  Nelayan Perahu Selerek Keluhkan Harga Solar

Sebelumnya, Kompetisi Trisakti Tourism Award tahun 2021, dengan tema Desa Wisata diikuti 242 daerah kabupaten/kota di Indonesia. Terdapat empat kategori Desa Wisata yg dilombakan, yakni kategori Desa Wisata Alam, Desa Wisata Budaya, Desa Wisata Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Kuliner.

Ketua Dewan Juri, Sapta Nirwandar bersama dewan juri lainnya menyampaikan bahwa keputusan ini telah melalui kajian dan analisis dari berbagai aspek terkait.

Baca juga :  Motif Kain Gringsing Termuat di Pecahan Rp 75 Ribu, Ini Harapan Warga

Dewan juri juga melakukan verifikasi lapangan secara langsung ke lokasi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan. Setelah melalui proses penilaian yang panjang tersebut, akhirnya dewan juri menobatkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai yang terbaik tingkat nasional. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini