Cegah Kerumunan Saat Perayaan Pagerwesi, Polres Gianyar Terjunkan Ratusan Personel

Cegah Kerumunan Saat Perayaan Pagerwesi, Polres Gianyar Terjunkan Ratusan Personel
APEL - Apel pengamanan pelaksanaan Hari Raya Pagerwesi, di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Rabu (1/9/2021).

Gianyar, DENPOST.id

Polres Gianyar menerjunkan ratusan personel bersama polsek jajaran serangkaian perayaan Hari Raya Pagerwesi, Rabu (1/9/2021). Sebanyak 204 orang personel dikerahkan untuk mengamankan objek-objek vital khususnya tempat ibadah dan Kawasan pantai. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kerumunan warga saat sembahyang Hari Raya Pagerwesi.

Sebelum melaksanakan tugas, seluruh personel mengikuti apel kesiapan di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar. Apel dipimpin Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP Ni Putu Wila Indrayani.

Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, mengatakan, selain mengantisipasi kerumunan, pengerahan personel ini juga untuk memastikan warga disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama mengikuti persembahyangan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

“Dari 204 orang personel yang kami terjunkan, itu dibagi menjadi 2 regu. Regu satu bertugas dari pukul 07.00 sampai dengan 14.00 wita dan regu dua dari pukul 14.00 sampai dengan 20.00 wita,” terang Bayu Sutha.

Baca juga :  Vaksinasi di Polres Gianyar Berakhir, Tim Vaksinator Lanjut Turun ke Desa

Personel yang siaga nantinya akan melaksanakan pengamanan di wilayah pantai yang sering dikunjungi warga saat hari raya seperti Pantai Siyut, Pantai Lebih, Pantai Cucukan, Pantai Masceti, Pantai Saba, Pantai Purnama serta melaksankan pengamanan di Pura Tirta Empul Tampaksiring.

Salah seorang warga Tegalalang Gianyar, Ni Nyoman Sarmayani, mengatakan, di Hari Pagerwesi ini dia dan keluarganya hanya melaksanakan persembahyangan di merajan rumah. “Kami ngayeng, tidak sembahyang keliling ke pura-pura agar tidak berada dalam kerumunan. Situasi pandemi begini, kami cari aman saja, semoga pandemi lekas berlalu, dan kita bisa hidup dengan normal,” harapnya.

Baca juga :  Sehari, Dua Kebakaran Terjadi di Gianyar

Sementara itu, imbauan terkait prokes juga digencarkan aparat Polsek Blahbatuh, Gianyar pada Rabu pagi.  Menyasar pasar tradisional, petugas mengimbau pedagang dan pembeli agar senantiasa taat prokes di mana saja dan kapan saja.

“Kami selalu wanti-wanti masyarakat untuk mematuhi prokes yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjaga imun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Ini semua kami lakukan sebagai upaya pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi prokes,” tegas Kapolsek Blahbatuh, AKP Yoga Widyatmoko.

Baca juga :  Ribuan Pelanggan PLN di Gianyar Nunggak Ini

Diharapkan Yoga, dengan kehadiran personel Polri di tengah-tengah masyarakat dan menyampaikan informasi berkaitan dengan prokes secara humanis, dapat menyadarkan masyarakat bahwa perlunya waspada dan tetap mematuhi imbauan pemerintah guna menghindari penyebaran virus korona. (116/suryaningsih)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini