Tingkatkan Kemampuan Mitigasi, Bimtek SPAB Kembali Digelar Di Buleleng

Tingkatkan Kemampuan Mitigasi, Bimtek SPAB Kembali Digelar Di Buleleng
Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra

Singaraja, DENPOST.id

Untuk meningkatkan kemampuan mitigasi bencana alam maupun non-alam, Pemerintah Kabupaten  Buleleng kembali menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Tahun 2021 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Kamis (2/9/2021).

Sutjidra mengatakan, BNPB membuat pemetaan bahwa harus diberikan Bimtek kepada beberapa sekolah atau institusi pendidikan di Buleleng. Dengan begitu mereka nantinya bisa menjadi fasilitator kepada sekolah-sekolah di daerah lain untuk bisa meminimalisir akibat dari bencana yang terjadi di Kabupaten Buleleng.

Baca juga :  Terdampak Covid-19, Warga Terima Bansos Kemensos dan Gubernur

“Kabupaten Buleleng yang terletak di Utara Pulau Bali dengan topografi yang sangat beragam, yaitu terdiri dari dataran rendah, perbukitan dan pegunungan. Kalau istilah Bali nya biasa disebut nyegara gunung.  Nah, jadi kita ditunjuk karena daerah kita memang rawan terjadi bencana,” ujarnya.

Ditambahkan Sutjidra, sasarannya nanti tidak hanya sekolah-sekolah, tetapi juga berkembang sampai ke perguruan tinggi. “Ini tidak hanya untuk mengantisipasi bencana alam longsor, banjir, ataupun gempa bumi, namun juga bencana non-alam seperti pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini,” bebernya.

Baca juga :  Call Center 110 Polres Buleleng Siap Layani 24 Jam

Dia menyadari masih banyak warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di daerah pegunungan. Karenanya hal itu juga harus diantisipasi dan menjadi perhatian pemerintah.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Mitigasi Bencana BNPB, Meylina Wulandari, saat audiensi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk dapat melibatkan kepala daerah dalam pelaksanaan Bimtek SPAB dan tindak lanjutnya. Karena Bimtek ini akan ada kelanjutannya yakni pelaksanaan implementasi yang menghasilkan fasilitator daerah, kemudian melanjutkan implementasi ke sekolah-sekolah binaannya.

Baca juga :  Kekuatan Komunitas di Buleleng Bisa Percepat Masa Pandemi

“Tahun 2019, Bimtek SPAB sudah pernah dilaksanakan di Buleleng yang bekerjasama dengan gerakan kepanduan Pramuka. Kami berharap pada Bimtek SPAB 2021 ini fasilitator yang dulu pernah ikut di tahun 2019 bisa dilibatkan, sehingga fasilitator daerah yang kami hasilkan dari Bimtek tahun ini bisa lebih memasifkan SPAB, ” harapnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini