Jro Gede Batur Alitan: ‘’Ngrastiti Bhakti’’ Selamatkan ‘’Krama’’ dari Kematian Akibat Pandemi Covid-19

Jro Gede Batur Alitan: ‘’Ngrastiti Bhakti’’ Selamatkan ‘’Krama’’ dari Kematian Akibat Pandemi Covid-19
Jro Gede Batur Alitan

 

MENGHINDARKAN diri dari kematian akibat covid-19, krama (masyarakat)  Bali diharapkan melakukan ngrastiti bhakti. Menurut Jro Gede Batur Alitan, Kamis (2/9/2021), dengan memohon kehidupan atau urip pada Ida Bhatara-Bhatari ring pura dalem termasuk di pamuun setra (lokasi membakar jenazah di kuburan). Ritual ini bisa dilakukan oleh pemangku, bandesa adat, termasuk para sulinggih, dengan tetap memperhatikan prokes.

Jro Gede Batur Alitan menambahkan pandemi covid-19 ini jangan sampai membuat krama Bali menyusut, kehilangan pondasi untuk mengawal peradaban. Gerakan menyelamatkan diri, keluarga, dan lingkungan, dengan terus ngrastiti bhakti, hendaknya menjadi budaya umat Hindu. Kita mesti bergerak secara bersinergi menyetop potensi kematian dengan membudayakan doa dan sradha bhakti.

Baca juga :  Hindari Klaster Baru, Pedagang Bermobil Ditertibkan Satpol PP

Jro Gede Batur Alitan berpesan agar umat Hindu atau krama Bali tetap eling dan waspada. Memohon urip, keselamatan dan perlindungan ring Ida Bhatara Dalem, termasuk mohon kepada Ida ring pamuun setra agar menjaga krama Bali, menyelamatkan hidup kita. “Mari kita mohon secara bersama-sama sesuai loka dresta adat masing-masing ke hadapan Ida Bhatara Dalem dan  Ida ring pamuun setra desa adat masing- menjaga serta melindungi kehidupan kita,” tambahnya.

Jro Gede Batur Alitan berharap agar para bandesa adat, pemangku, sulinggih, tokoh-tokoh masyarakat, dan tokoh umat, menjadi inisiator dan memeloporinya. Persembahyangan bisa dengan pejati atau tebasan guru piduka. Krama berdoa dan mohon kepada penguasa kehidupan agar mampu menempuh jalan hidup, di samping pendekatan sekala dengan mematuhi prokes.

Baca juga :  Diduga Terlibat Kasus Penipuan dan Judi, Dua Warga Nigeria Dideportasi

Jro Gede Batur Alitan yakin dengan ketulusan dan keikhlasan bhakti, Ida Bhatara- Bhatari akan memberikan perlindungan kepada krama Bali. “Mudah-mudahan krama Bali terselamatkan dari kematian akibat pandemi covid-19. Mari setata eling dan ngrastiti bhakti untuk Bali dan krama, sehingga swadharma kita menjaga peradaban Bali bisa dijabarkan secara baik,” tegasnya.

Ia mengapresiasi langkah Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran yang dengan dedikasi dan tanggung jawab terus mohon kerahayuan untuk krama dan gumi Bali. Langkah Gubernur Koster ini untuk mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali hendaknya menjadi pemacu bagi kita menumbuhkan kesadaran dan ketulusan menjaga Pulau Dewata.  Jro Gede Batur Alitan berharap swadharma menjaga Bali hendaknya menjadi budaya di kalangan krama kita. (kmb)

Baca juga :  Pasien Baru Covid-19 Sebanyak 313

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini