Nelayan Diminta Manfaatkan Jukung Bantuan Dengan Baik

picsart 09 03 03.39.49
JUKUNG - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan jukung lengkap dengan mesin dan alat tangkap kepada nelayan di pesisir Pantai Monggalan, Desa Kusamba, Dawan, Jumat (3/9/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Berbagai upaya dilakukan Pemkab Klungkung untuk membangkitkan sektor perikanan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kali ini, melalui
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Pemkab memberikan bantuan enam jukung kepada empat kelompok nelayan. Bantuan jukung lengkap dengan mesin dan alat tangkap serta life jaket ini diserahkan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di pesisir Pantai Monggalan, Desa Kusamba, Dawan, Jumat (3/9/2021).

Kepada para nelayan, Suwirta meminta agar jukung bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya.
“Bantuan sebuah jukung seharga Rp 65 juta memang tidak besar. Tapi sangat berarti jika digunakan untuk berlayar menghidupi keluarga anggota kelompok. Dan jangan sampai saya melihat ada jukung yang ‘nyangklek’ di pinggir laut,” pinta Suwirta.

Baca juga :  Tabrak Teras Rumah dan Dua Motor, Terios Terbalik

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Dewa Ketut Sueta Negara, berharap agar kelompok nelayan yang menerima bantuan bisa memanfaatkan jukung tersebut untuk anggota. Apalagi bantuan yang diberikan bersumber dari DAK tahun 2021 sekitar Rp 406 Juta.

“Bantuan jukung ini diberikan untuk meningkatkan produksi sektor perikanan. Jadi kami berharap bisa membantu kelompok nelayan mencari ikan di laut,” ujarnya.

Baca juga :  Sempat Masuk DPO, Terpidana Kasus Korupsi Ditangkap

Menurut Dewa Sueta Negara, ada empat kelompok nelayan yang menerima bantuan jukung. Yakni Kelompok Nelayan Bendega Samanjaya di Desa Jumpai satu jukung, tiga jukung untuk kelompok nelayan Monggalan Cedok Baru dan satu jukung masing-masing diberikan kepada kelompok nelayan Ayuning Segara dan Segara Asih di Lembongan, Nusa Penida.

“Untuk kelompok nelayan di Lembongan akan menyusul diberikan bantuan jukung di bulan September,” katanya.

Baca juga :  Dapat Pawisik Ida Betara Dalem Ped, RSUD Klungkung "Nuur" Tirta Pura Lempuyang Luhur

Sementara Ketua Kelompok Nelayan Bendega Samanjaya, Nengah Suama mengaku sangat bersyukur menerima bantuan jukung dari Pemkab. Apalagi selama ini nelaya yang tergabung dalam kelompoknya hanya mencari lobster di sekitar pantai Jumpai dan sekitarnnya menggunakan ban.

“Dengan adanya bantuan jukung ini kami bisa agak jauh mencari lobster. Apalagi kami juga mendapat bantuan alat tangkap yakni jaring untuk menangkap lobster,” tandasnya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini