
Jimbaran, DENPOST.id
Enesis Group sebagai perusahaan FMCG lokal dengan produk kesehatannya telah bekerjasama dengan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia, sejak awal pandemi untuk menanggulangi Covid-19. Enesis Group, dengan salah
satu hero brand, Antis Hand Sanitizer nomor 1 di Indonesia, kembali berkolaborasi bersama tiket.com dalam program Long Stay dan VACcation Rewards.
Program ini, merupakan salah
satu langkah nyata guna mendukung program pemerintah, yakni penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment).
Kick Off Program yang diselenggarakan di InterContinental Bali Resort Jimbaran ini, dihadiri
Kepala Dinas Pariwisata Daerah Bali, I Putu Astawa; Koordinator Strakom dan Kemitraan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dedi Kurnia; Chief Sales dan Marketing Officer Enesis Group, Ryan Tirta Yudhistira, dan Vice President of Accommodation tiket.com, Cisyelya Bunyamin.
Ryan Tirta, selaku Chief Sales dan Marketing Officer Enesis Group mengatakan setelah dua bulan Jawa dan Bali mengalami Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, keputusan pemerintah terbaru memutuskan bahwa Jawa dan Bali sudah berada di level 2 sampai 4. Terdapat fenomena baru bernama “Travel Revenge” atau liburan balas dendam. Jadi, karena
kelamaan di rumah saja, maka muncul keinginan ‘balas dendam’ dengan melakukan
perjalanan keluar rumah untuk mengganti suasana pun menjadi kebutuhan dan staycation
menjadi solusinya. “Keinginan masyarakat untuk kembali berwisata pasti sangat besar (pent-up demand) setelah
lama di rumah saja, ini baik untuk pemulihan ekonomi dan pariwisata tapi kita tetap harus
waspada. Jangan sampai malah justru meningkatkan jumlah penularan Covid-19 nantinya,”
ungkap Ryan
Kolaborasi Antis dengan tiket.com dalam program Long Stay dan VACcation Rewards ini,
sebenarnya bisa menjadi salah satu opsi bagi masyarakat yang hendak Travel Revenge. “Tiket.com sediakan pilihan untuk masa menginap berkepanjangan dan dibekali Long Stay Kit
bermanfaat dari Antis berisikan masker, antis dan amunizer vitamin herbal yang berfungsi mencegah tubuh terpapar virus dan meningkatkan daya tahan tubuh karena walaupun sudah vaksin, tubuh tetap perlu asupan vitamin lengkap. Harapannya dengan kit ini bisa memberikan perlindungan ekstra selama di hotel,” ujar Ryan.
Kenapa tetap perlu Antis padahal di dalam hotel saja? Karena kuman, virus dan bakteri itu ada di mana-mana dan tidak kasat mata. Antis praktis digunakan dan sudah sesuai standar WHO, 99% membunuh kuman, bakteri dan virus pecah mati dalam 4 detik, serta dipastikan aman dan
yang sangat diperlukan saat ini sebagai perlindungan dari kuman dengan cepat. “Terutama
saat kita di luar rumah dan saat staycation kita pun beraktivitas, termasuk makan dan minum
di hotel atau villa. Untuk itu, saat ini kami ada varian Antis Jasmine Tea, yang mengandung
kandungan food grade dan bisa digunakan untuk sanitize alat makan saat ingin breakfast
misalnya. Sehingga Antis sudah menjadi bagian keseharian protokol kesehatan dalam masa pandemi ini,“ tambah Ryan.
Kolaborasi antara Antis dan tiket.com sudah terjalin semenjak awal pandemi, melalui
rangkaian program yang membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19,
di antaranya kampanye TIKETCLEANxANTIS, berupa penyediaan healthy kit untuk konsumen yang menginap di properti bertanda TIKETANTIS, yakni label khusus bagi properti yang telah
menerapkan protokol kesehatan ketat berikut ketersediaan Antis.
Cisyelya Bunyamin, selaku VP of Accommodation Tiket.com mengatakan pihaknya menyadari kebutuhan wajib untuk longstay, setelah berpulang dari perjalanan antarkota, antarwilayah dan
bahkan antarnegara. “Kami telah menjangkau 600 mitra properti untuk turut bergabung dalam
program bersama Antis ini. Tentunya kami berharap bahwa program ini memiliki kontribusi
bagi program pemerintah dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan di properti destinasi wisata, serta dapat menjadi solusi perjalanan yang diandalkan oleh masyarakat
Indonesia,” paparnya.
Sebagai OTA platform pertama di Indonesia, yang customer centric, program ini sejalan
dengan komitmen tiket.com untuk menjadi yang pertama dalam mendorong pemulihan
industri pariwisata Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian langkah
nyata dalam mewujudkan komitmen tersebut.
Selain program Long Stay Package, tiket.com juga membantu mendorong angka vaksinasi nasional dengan membuka sentra vaksinasi di DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta dan mengimbau masyarakat untuk merencanakan liburan secara bijak dan matang, serta terus disiplin protokol kesehatan di mana pun berada demi kenyamanan diri sendiri, sesama pengunjung dan warga lokal.
Dedi Kurnia, Koordinator Strakom dan Kemitraan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
RI, mengatakan dalam upaya pemulihan sektor parekraf dilakukan dengan penerapan
protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment
Sustainability) dan Kemenparekraf mendorong program vaksinasi bagi para pelaku usaha parekraf yang dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari pelayan dan pemilik hotel, pekerja restoran, tour guide dan stakeholders. Untuk itu, pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan akan memberikan dampak yang lebih optimal. Program hasil kerjasama antis dan tiket.com ini, merupakan salah satu penguat atas apa yang
telah dilakukan bersama dalam membangkitkan kembali pariwisata bali khususnya.
Kemenparekraf mengucapkan terima kasih kepada Enesis Group selaku pemegang merek
Antis dan juga kepada Tiket.com yang telah menginisiasi program kolaborasi ini, sebagai upaya
dalam membangkitkan kembali pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Kedepan Kemenparekraf berharap adanya program kerjasama lainnya, baik dari Enesis Grup dan
tiket.com atau pihak pemangku kepentingan bersama pihaknya guna memperkuat dan medorong
bangkitnya pariwisata Indonesia.
Kepala Dinas Pariwisata Daerah Bali, I Putu Astawa mengatakan Bali harus berani menyatakan sehat. Untuk memberikan kepercayaan bagi wisatawan harus dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tentu dengan CHSE, yang mama peran Antis dan Enesis cukup berarti untuk menciptakan pariwisata yang sehat. Selain CHSE yang penting adalah bagaimana menciptakan Bali aman. Keberlangsungan dari perilaku hidup bersih dan sehat akan menjadi New Normal dalam mengelola pariwisata di masa pandemi. “Ini adalah bagian untuk membangun kepercayaan. Kami juga terus mengedukasi agar karyawan pariwisata tidak tertular oleh wisatawan begitu juga sebaliknya. Tentu dengan selalu menerapkan prokes menjadi hal yang harus dikedepankan,” bebernya.
Untuk menikmati program kolaborasi ini, masyarakat cukup memesan hotel melalui aplikasi tiket.com untuk periode menginap mulai dari, 2 Agustus hingga 31 Oktober 2021. Dengan minimum transaksi sebesar Rp500 ribu, masyarakat secara otomatis akan mendapatkan diskon hingga Rp375 ribu, dengan kode promo “TIKETLONGSTAY”. Tamu hotel akan mendapatkan Antis
sanitizing kit pada saat check in.
Program ini, berlaku di hotel pilihan di Banten, Jakarta, Jawa
Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.
Antis sebagai Hand Sanitizer No.1 di Indonesia, hadir dengan varian aroma Jeruk Nipis, Timun, standart medis (non perfume), serta inovasi terbaru satu-satunya hand sanitizer dengan kandungan food grade, Antis Jasmine Tea. Antis akan terus melakukan inovasi produk
kedepannya, selain hand sanitizer, peluang ketersediaan produk anti kuman dan virus lainnya akan segera diluncurkan. (a/113)