Minta Destinasi Alam Terbuka Segera Dibuka, APPMB Surati Kemenparekraf

picsart 09 05 07.09.09
MINTA DIBUKA - APPMB minta destinasi alam terbuka seperti pantai diharapkan segera dibuka.

Kuta, DENPOST.id

Aliansi Pelaku Pariwisata Marginal Bali (APPMB) bersurat ke Kemenparekraf RI. Dalam surat tersebut, mereka memohon agar destinasi alam segera dibuka.

Destinasi alam terbuka yang dimaksud, yakni pantai, trekking dan Hlhiking (alam, agro wisata dan ekowisata).

Ketua APPMB, Wayan Puspanegara, didampingi Sekretaris Wayan Dekron Mardika, Minggu (5/9/2021) menyampaikan beberapa masukan dan usulan lewat surat tersebut. Pertama meminta agar dibedakan PPKM Level 4 di kawasan destinasi wisata dengan non destinasi. Terutama berkaitan jam buka agar dilonggarkan sampai pukul 23.00 Wita. Dine in maksimal 50%, dengan prokes inovatif dan fakta integritas bagi pelaku usaha.

Baca juga :  Rusak Ringan dan Berat, Infrastruktur di Nusa Penida Belum Tertangani

Usulan kedua, yakni bandara yang dibuka untuk PPLN agar ditambah dengan Bandara Ngurah Rai. Ketiga Free Covid Corridor (FCC) diusulkam diperluas dengan sistem One Island One Management ( jangan hanya Sanur, Nusa Dua dan Ubud), karena ketiga destinasi itu, adalah dominan akomodasi.

Sementara pariwisata bukan hanya akomodasi. “Jadi, destinasi di Bali itu beragam mulai dari akomodasi, kuliner, transportasi, komunikasi atraksi, exsibisi, konvensi, distribusi hingga petani/balinese rural live yanh berproduksi mempertahankan budaya dan merawat alam. Itulah pariwisata Bali,” tegas Praktisi pariwisata asal Legian tersebut.

Baca juga :  Ganti Pengurus, Gerindra Badung Tetap Pertahankan Koalisi KRBB

Selain itu pihaknya juga mengusulkan Stimulus untuk industri pariwisata menyeluruh pada pengelola berbagai destinasi (banyak destinasi dikelola oleh desa adat) hingga kaum marginal pariwisata. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini