Karangasem Akan Garap Pertanian Jadi Wisata

picsart 09 06 07.20.33
Bupati Karangasem, I Gede Dana.

Amlapura, DENPOST.id

Di tengah terpuruknya sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19, Bupati Karangasem, I Gede Dana tak lantas mengabaikannya. Bahkan Dana terus merancang berbagi inovasi untuk mengembangkan pariwisata.

Salah satunya lewat menggarap pertanian menjadi wisata. “Kita belum ada arah pengembangan yang pas untuk sektor pariwisata. Pemerintah hanya baru memiliki konsep pemikiran, sedangkan potensi alam Kabupaten Karangasem sangat luas,” ujar Bupati Dana, Senin (6/9/2021)

Baca juga :  Diduga Akibat Dupa, Mobil Bermuatan Telur Ludes Terbakar

Lebih lanjut, dia menuturkan potensi alam tersebut sayangnya tak didukung infrastruktur jalan, sehingga untuk mengelola diperlukan konsep yang bagus dalam pengembangan pariwisata di Karangasem. Salah satunya dengan memulai menggarap sektor pertanian.

Bupati asal Desa Datah ini berencana akan merancang pemberian insentif pertanian. “Bagaimana mengatur sektor pertanian menjadi objek wisata dan menampilkan wisata-wisata yang baru, ” ucapnya.

Karangasem memiliki berbagai hasil tani yang khas. Selain menghasilkan untuk para petani, Dana ingin mereka menerima hasil lebih lewat memanfaatkannya menjadi wisata.

Baca juga :  Jika Stok Memadai, Pabrik Porang Akan Dibangun di Karangasem

Tak hanya pertanian, ia juga berharap sektor Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) ikut bersinergi. Objek wisata atau pelaku wisata dapat menyerap produk UMKM lokal Karangasem untuk ditawarkan menjadi cinderamata khas Karangasem. Tak hanya itu, kedepannya proses produksi dalam UMKM juga dapat dikembangkan menjadi wisata baru. “Ini butuh dukungan semua pihak, termasuk PHRI. Saya berharap rencana ini mendapat respon yang baik,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Pencarian Penyelam Gede Surya Akan Dihentikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini