Ratusan Penyandang Disabilitas dan ODGJ di Karangasem Sudah Tervaksin

Ratusan Penyandang Disabilitas dan ODGJ di Karangasem Sudah Tervaksin
VAKSINASI - Petugas dari Puskesmas Rendang mendatangi salah satu warga penyandang disabilitas untuk divaksin.

Amlapura, DENPOST.id

Upaya vaksinasi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karangasem terus dilakukan. Termasuk kepada warga penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Data hingga Selasa (7/9/2021), sebanyak 600 Warga Karangasem yang terdiri dari warga disabilitas dan ODGJ telah tervaksin tahap I. Kendati demikian, upaya vaksinasi masih terus dilakukan dengan sistem sweeping wilayah.

Salah satu daerah yang masih gencar melakukan sweeping vaksinasi adalah Kecamatan Rendang. Kepala Puskesmas Rendang, dr. I Made Sudarma Yasa, mengatakan, 90 ODGJ di wilayah kerjanya telah tervaksin. Minggu ini, pihaknya masih menyasar 20 ODGJ lagi untuk diberi vaksin. “Ada yang kami beri vaksinasi astrazeneca ada pula sinovac. Kami dibantu TNI/Polri dan perangkat desa dengan sistem sweeping ke wilayah-wilayah,” terangnya.

Baca juga :  Atasi Kebosanan Warga, Kadis Pertanian Karangasem Lakukan Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr.I Gusti Bagus Putra Pertama, memaparkan, teknis pelaksanaan vaksinasi warga disabilitas dan ODGJ diserahkan penuh kepada masing-masing puskesmas. “Untuk warga disabilitas yang masih bisa datang ke faskes, dipersilahkan. Namun yang tidak, petugas akan mendatangi warga. Begitu juga dengan ODGJ, petugas yang akan datang karena tidak memungkinkan untuk datang ke faskes,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, vaksinasi yang menyasar warga ODGJ memang cukup sulit. Sebab, petugas harus melakukan sweeping untuk bisa bertemu warga. Tak hanya itu, petugas harus memastikan proses vaksinasi ini tidak boleh ada pemaksaan. Petugas harus mampu membangun komunikasi sehingga warga ODGJ bersedia divaksin. “Hingga kini sudah ada 600 ODGJ dan warga disabilitas di Karangasem tervaksin. Untuk jumlah masing-masingnya saya kurang tahu, sebab digabung dalam satu hitungan,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  600 Personel Jaga Warga Nekat Mudik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini