Klungkung Tak Buru-buru Buka Objek Wisata

picsart 09 08 07.21.05
DESTINASI WISATA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama rombongan ketika meninjau destinasi wisata di Nusa Penida, beberapa waktu lalu.

Semarapura, DenPost

Dinas Pariwisata Klungkung ternyata tidak ingin buru-buru untuk melakukan uji coba membuka Daya Tarik Wisata (DTW). Walaupun uji coba pembukaan DTW tersebut, mengacu SE Gubernur Nomor 15 tahun 2021 tentang PPKM Level 4 di Bali. Untuk bisa melakukan uji coba pembukaan DTW, Dinas Pariwisata akan koordinasi dulu dengan para pelaku pariwisata. Termasuk Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung.

“Nanti kita koordinasi dulu dengan semua stakeholder yang ada di pariwisata. Ini kan menyangkut kepercayaan, saya tidak bisa ini kita buka, itu kita buka. Kita harus koordinasi dulu dengan satgas. Kesiapan di masing-masing objek juga perlu kita koordinasikan. Ini tidak serta merta, apalagi surat edarannya kan juga baru,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Putra Wedana, Rabu (8/9/2021).

Baca juga :  Suwirta Minta Polisi Bubarkan Warga yang Nongkrong di Jalan

Menurut AA Putra Wedana, ada sejumlah persiapan yang harus ditempuh sebelum menindaklanjuti SE tersebut. Sebagai langkah pertama, pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan para pelaku pariwisata, pemilik hotel, restauran, badan promosi, serta seluruh stakeholder bidang pariwisata yang terlibat. Tak ketinggalan juga dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan arahan dari Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

“Selain melakukan koordinasi dengan semua stakeholder, kami
juga perlu memastikan kesiapan masing-masing DTW. Utamanya, terkait ketersedian sarana prasarana penunjang prokes,” ungkapnya.

Baca juga :  Ratusan Pil Perkara Kesehatan Dimusnahkan

Lalu terkait dengan DTW di Kabupaten Klungkung yang akan diujicobakan untuk dibuka, mantan Camat Dawan ini mengatakan pihaknya pasti akan menyiapkan sejumlah DTW. Nanti, DTW yang sudah siap akan direkomendasikan kepada para wisatawan. Meski demikian, dirinya juga tidak bisa menutup kemungkinan, pasti akan ada saja wisatawan yang berkunjung ke DTW lain, walaupun DTW tersebut tidak masuk dalam rekomendasi Dispar.

“Tidak menutup kemungkinan juga ada wisatawan yang datangi destinasi yang belum siap. Kita kan tidak bisa kontrol itu. Tapi kita tetap akan siapkan saja destinasinya yang siap untuk dikunjungi, dan itu yang akan kita rekomendasikan,” jelasnya. (119)

Baca juga :  Call Center 110 Polres Buleleng Siap Layani 24 Jam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini