Hutan Kawasan Konservasi Taman Wisata Alam di Blok Seked Terbakar

picsart 09 09 11.43.52
TERBAKAR - Kondisi hutan lereng Gunung Batur Bukit Payang, tepatnya kawasan konservasi Taman Wisata Alam di Blok Seked, Desa Batur Tengah, Kintamani, Bangli yang terbakar Rabu sore. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Kebakaran kembali terjadi di hutan lereng Gunung Batur Bukit Payang, tepatnya kawasan konservasi Taman Wisata Alam di Blok Seked, Desa Batur Tengah, Kintamani, Bangli. Kebakaran tersebut diketahui terjadi Rabu (8/9/2021).

Kapolsek Kintamani, AKP Benyamin Nikijuluw, yang dimintai konfirmasi, Kamis (9/9/2021) mengatakan, kebakaran tersebut pertama kali diketahui Ketut Terima (51), seorang warga dari Banjar Ulun Danu, Desa Songan A, Kintamani. “Saat saksi sampai di lokasi kebakaran, api sudah dalam keadaan besar,” ungkapnya.

Baca juga :  Hasil Swab 276 Warga Serokadan Negatif

Selanjutnya saksi menginformasikan ke Nengah Sidang Ardana (53) selaku pegawai BKSDA asal Banjar Kedui, Tembuku. Mereka kemudian bersama warga sekitar berusaha untuk memadamkan api agar tidak semakin membesar. “Sembari menunggu petugas pemadam, pemadaman dilakukan warga dengan alat seadanya,” katanya.

Sementara dari hasil olah TKP, lanjut Beny, diduga sumber api dari arah selatan. Sebab awal kebakaran terjadi angin bergerak dari arah selatan menuju arah barat. “Dugaan sementara akibat cuaca panas disertai angin kencang
dan di TKP banyak tumbuh semak belukar yang sudah kering yang mengakibatkan api cepat membesar dan menjalar sehingga membakar kawasan hutan konservasi,” bebernya.

Baca juga :  Parkir Sembarangan, Sopir Angkot di Susut Disemprit Polisi

Tak ada korban jiwa maupun luka dari kejadian tersebut. Sedangkan luas lahan yang terbakar di perkirakan kurang lebih 10 sampai 15 hektar. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini