Sempat Kosong, Vaksin DPT Sudah Aman

picsart 09 09 08.17.38
Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata.

Negara, DENPOST.id

Vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) yang merupakan vaksinasi yang wajib diberikan untuk anak-anak sempat mengalami kekosongan. Bahkan sejumlah orang tua di Negara, harus merogoh kocek lebih dalam agar anaknya segera mendapatkan vaksin.

“Saya sampai beli Rp950 ribu agar anak mendapatkan vaksin DPT,” kata Gede T, salah seorang warga yang anaknya sudah berusia 3 bulan.

Sementara saat ini, stok vaksin ini sudah mulai aman. Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, Kamis (9/9/2021) mengakui vaksin ini sempat kosong.

Dikatakannya, suplay vaksin dari pusat ke provinsi tersendat. “Agustus sudah datang stoknya, bahkan sudah mulai didistribusikan ke faskes, RS swasta belum ngamprah dan ada juga klinik belum ngamprah. Vaksin sudah siap dan kami tetap lakukan stok yang cukup ke depannya meski vaksin DPT masih bisa ditunda,” jelasnya.

Baca juga :  Pangdam Serahkan Pompa Hidram di Desa Gobleg

Untuk vaksin DPT, katanya masih bisa ditunda. Karena anak balita yang divaksin DPT usia 3 bulan sampai 9 bulan. Yang jadi permasalahan, katanya jika ada vaksin Covid-19 yang kurang bahkan sampai kosong beberapa hari. “Ini yang membuat bingung. Sementara kita harus dituntut percepatan untuk terbentuknya kekebalan kelompok,” jelasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini