Lewati Medan Terjal, Petugas Medis dan Bhabinkamtibmas Berhasil Evakuasi Pasien Covid-19

Lewati Medan Terjal, Petugas Medis dan Bhabinkamtibmas Berhasil Evakuasi Pasien Covid-19
EVAKUASI PASIEN - Aksi heroik petugas medis dan Bhabinkamtibmas Pergung mengevakuasi pasien Covid-19 di medan terjal di Pangkung Lubang, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo.

MENJADI petugas medis/Satgas Covid-19 dan Bhabinkamtibmas  di masa pandemi tidaklah mudah. Selain harus mengedukasi masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan (prokes), para petugas ini juga acapkali berjuang esktrakeras mengevakuasi pasien Covid-19.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Pergung, Aiptu  I Putu Oka Sandiyasa, bersama Petugas Kesehatan, Kamis (9/9/2021) sore. Aksi heroik terjadi saat mereka mengevakuasi seorang lansia yang mengalami lumpuh dan terpapar virus Covid-19.

Medan berat dan terjal di Banjar Pangkung Lubang, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, sempat menyulitkan petugas medis dan  Bhabinkamtibmas untuk mengevakuasi warga yang terpapar Covid-19 ke tempat isolasi terpusat.

Baca juga :  Antrean di Gilimanuk Sempat Membeludak, Ini Penyebabnya

Dari informasi awal, pihak keluarga mengaku sanggup mengantar sampai tempat mobil ambulans parkir. Namun karena hujan mulai turun, medan terjal dan bertebing, pihak keluarga tidak bisa mengevakuasi sendiri, sehingga pasien dievakuasi menggunakan tempat tidur dorong. Apalagi jarak rumah dengan tempat parkir ambulans sekitar 600 meter.

Oka Sandiyasa mengatakan, dengan bantuan anak dari lansia tersebut, pasien akhirnya bisa dinaikkan ke tandu dan tempat tidur dorong. “Mengingat kondisi ibu tersebut  makin memburuk, gelisah  dan Ibu ini  terpapar Covid-19, sehingga kami  nekat dorong. Meskipun mulai hujan dan harus melewati lorong dan jalan rabat yang  bertebing, bahkan petugas medis yang sempat histeris karena mengira tempat tidur dorong akan tergelincir, akhirnya kami dengan sekuat tenaga bisa melewati tanjakan terakhir dan sampai di mobil ambulans pukul 17.25. Kemudian kami antar ke  Puskesmas 1 Mendoyo dan ibu itu segera mendapat tindakan medis,” kata Oka Sandiyasa.

Baca juga :  Vaksinasi Covid-29 di Klungkung, Sejumlah Nakes Tercecer

Karena kondisi lansia tersebut memburuk akhirnya dirujuk ke RSUD Negara.

Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegigihan petugas medis dan anggotanya/Bhabinkamtibmas Pergung dalam melaksanakan tugas kemanusiaan.

“Tentunya Bhabinkamtibmas  dalam melaksanakan tugas tetap bersinergi dengan pihak terkait yang  ada di desa. Kami berharap masyarakat makin menyadari pentingnya menjaga prokes dan vaksin serta memcegah kerumunan sehingga kasus Covid-19 bisa dicegah,” tandas Kapolres Ketut Adi. (wit)

Baca juga :  Zona Merah, Pembelajaran Tatap Muka di Jembrana Ditunda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini