Angka Kasus Kebakaran di Karangasem Meningkat

picsart 09 10 09.11.22
KEBAKARAN - Proses pemadaman kebakaran penampungan sampah di Pasar Amlapura Timur.

Amlapura, DENPOST.id

Kasus kebakaran di Kabupaten Karangasem belakangan sering terjadi. Setelah kebakaran lahan di Wilayah Kubu beberapa waktu lalu, Jumat (10/9/2021) dini hari kebakaran terjadi di bak penampungan sampah sementara Pasar Amlapura Timur. Kedua kejadian tersebut, sama-sama belum ditemukan penyebabnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem, I Nyoman Tari, mengatakan, kejadian dilaporkan pada pukul 00.36 Wita. Pemadam kebakaran bergegas ke lokasi mengingat berada di kawasan pertokoan padat dan kios pasar. Damkar menurunkan 3 armada dengan 13 personel. “Nihil korban jiwa dan kerugian,” ujar Tari.

Baca juga :  Maling Spion Terekam CCTV

Meski demikian, pihaknya tetap berharap, warga agar selalu waspada. Khususnya saat musim kemarau seperti saat ini. Sebab, belakangan terakhir banyak kasus kebakaran lahan, TPA dan hutan yang sebabnya belum diketahui. Ditambah kasus kebakaran di Karangasem terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Tahun lalu, lanjut Tari, tercatat 166 kasus. Terdiri dari kebakaran rumah, lahan, kendaraan, gudang, tempat bersembahyang, TPA dan lain-lain. “Terbanyak kebakaran rumah dan dapur yang disebabkan karena kelalaian pemilik tidak waspada pada potensi api, ” ujar Tari.

Baca juga :  Perihal Pencabutan Penjor, Krama Jasri Dimediasi

Selain kelalaian manusia, kondisi alam juga kerap menjadi faktor pengaruh. Misalnya dalam kondisi kemarau, ditambah angin kencang akan memicu potensi kebakaran lahan. “Kemarau panjang memang kerap jadi pemicu utama, ” ucapnya. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini