Koster Luncurkan Keyboard Aksara Bali

Koster Luncurkan Keyboard Aksara Bali
LUNCURKAN KEYBOARD - Gubernur Bali Wayan Koster saat peluncuran keyboard (papan ketik) aksara Bali pada Sabtu (11/9) lalu di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar. (DenPost.id/ist)

Sumerta, DENPOST.id

Gubernur Bali, Wayan Koster menjadi pelopor pelestarian aksara Bali, dengan mentransformasikan aksara Bali ke dalam bentuk digital berupa papan ketik (keyboard) aksara Bali.

Keyboard itu, secara resmi telah diluncurkan, Sabtu (11/9/2021) di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar. Pada siaran pers, Minggu (12/9/2021) Koster menyebut implementasi aksara Bali ke dalam teknologi digital ini merupakan terobosan pertama kali dalam sejarah dan pertama kali di Indonesia.

Baca juga :  Berjualan Sembarangan, Satpol PP Tertibkan Ini

Koster menuntaskan terobosan ini, dengan menugaskan tim peneliti dari Program Studi Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana yang dipimpin Cokorda Rai Adi Pramartha, Ph.D, IB Ary Indra Iswara, M.Kom, I Putu Gede Hendra Suputra, M.Kom, dan IB Gede Dwidasmara, M.Cs.

“Acara dilaksanakan pada hari suci Tumpek Landep, karena merupakan hari upacara untuk menajamkan pikiran secara niskala,” ujar Koster.

Acara peluncuran Keyboard Aksara Bali dilaksanakan secara hibrid, yakn luring dan daring yang diikuti 45 siswa SD, SMP, SMA/SMK, SLB Kabupaten/Kota se-Bali.

Baca juga :  Ayu Candra Tergolek Lemas di Tempat Tidur, Selly Mantra Bantu Ini

Dari kalangan universitas, kegiatan ini melibatkan empat orang perwakilan mahasiswa dari Universitas Udayana, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, dan Universitas Hindu Indonesia Denpasar.

Acara ini juga dihadiri bupati/walikota, Rektor Perguruan Tinggi, serta diikuti secara virtual oleh Satuan Pendidikan SMA, SMK, SLB Negeri dan Swasta se-Bali sejumlah 329 Sekolah.

Terobosan ini sekaligus menjadi pencapaian tiga tahun kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Sukawati.

Baca juga :  Mafia Tanah Paksa Alihkan Tanah Bermasalah

Koster menegaskan ide mengembangkan Keyboard Aksara Bali merupakan kelanjutan pelaksanaan kebijakan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.
“Ini bertujuan melindungi keberadaan aksara Bali sebagai warisan adi luhung dari leluhur Bali,” terangnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini