Pelajar dan Mahasiswa Sigap Pahami Keyboard Aksara Bali

PERLIHATKAN KEYBOARD - Gubernur Bali Wayan Koster memperlihatkan keyboard (papan ketik) berhuruf Bali saat diluncurkan. (DenPost.id/ist)

 

DIHADAPKAN tujuh soal oleh Gubernur Bali Wayan Koster, pelajar dan mahasiswa mampu menjawab dengan baik dan benar. Mereka cukup sigap dan mampu beradaptasi dengan keyboard aksara Bali.
Gubernur Bali sangat mengagumi kemampuan para siswa dan mahasiswa yang ternyata masih sangat fasih dan peduli terhadap aksara Bali. Sebagai bentuk apresiasi, Gubernur Bali secara spontan memberikan penghargaan berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp 1 juta kepada 49 perwakilan siswa dan mahasiswa. Dana akan dikirim melalui rekening masing-masing di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.
Keyboard aksara Bali diyakini akan mendunia, karena memiliki tujuh keunggulan fungsi yaitu: 1.menggunakan koneksi WiFi (USB dongle) atau Bluetooth; 2.dapat digunakan untuk menulis aksara Bali secara natural (tanpa auto correction). 3.dapat digunakan untuk menulis aksara Bali pada sistem operasi yang berbeda seperti Apple MacOS dan Microsoft Windows. 4.dapat digunakan untuk membuat dan menyimpan dokumen digital pada berbagai macam aplikasi seperti Microsoft Office, Google Office (Docs, Spreadsheet, Presentation), dan Notes, iWork dengan menggunakan aksara Bali. 5.dapat digunakan untuk menulis dokumen pada website/internet dengan aksara Bali; 6.dapat digunakan untuk menulis pesan di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram dengan aksara Bali. 7.hasil pembuatan dokumen atau pesan yang dihasilkan dapat dibagikan ke orang lain tanpa mengubah tampilan aksara Bali yang dibuat sebelumnya.
Gubernur Bali yakin krama Bali, khususnya generasi muda milenial, memberi apresiasi bahwa aksara Bali bisa sejajar dengan aksara-aksara negara lain yang mendunia. Negara-negara ini, yang memiliki aksara tersendiri menunjukkan tingkat peradaban di masa lalu, mampu bertahan sampai saat ini, dan bersaing menghadapi dinamika global, yang ditandai kemajuan berbagai bidang kehidupan masyarakat.
Karena itu Koster mengajak generasi muda milenial bersyukur diberikan warisan budaya berupa aksara Bali oleh leluhur yang sangat hebat. “Semua aktivitas kehidupan dimulai dari aksara. Tidak ada kata tanpa aksara, tidak ada kalimat/narasi tanpa aksara, dan tidak akan ada kerja tanpa aksara,” bebernya.
Dengan sekuat tenaga dan penuh komitmen, kata Gubernur Koster, masyarakat Bali harus mampu memelihara, memuliakan, dan menjadikan, aksara Bali sebagai kebanggan bersama dan keunggulan krama guna untuk diperkenalkan ke masyarakat luas secara nasional dan global.
Dengan kuatnya peradaban Bali, Gubernur Koster yakin bahwa krama Bali akan terus bergerak maju dan mampu menghadapi persaingan global. Untuk ke depan, dia menyelenggarakan program penyediaan keyboard aksara Bali dalam bentuk Laboratorium Praktik Aksara Bali ke sekolah-sekolah, sehingga para guru dan siswa lebih mudah melaksanakan pembelajaran aksara Bali.
Sedangkan Ketua Pengelola Domain dan Internet Indonesia (Pandi), Prof. Yudho Giri Sucahyo, Phd., menyampaikan apresiasi dan bangga pada komitmen dan pencapaian Gubernur Koster dalam melestarikan aksara lokal.
Menurutnya, hal ini merupakan langkah besar kemajuan digitalisasi aksara Bali, sekaligus upaya pelestarian nilai-nilau budaya bangsa khususnya budaya Bali. Hal ini sangat sesuai program kerja yang dikampanyekan Pandi yaitu program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN). Pemerintah pusat, pemda, hingga UNESCO turut mendukung secara penuh program tersebut. Saat ini Pandi berusaha mempromosikan aksara nusantara ke ranah internasional, sehingga proses digitalisasi aksara nusantara diharapkan lebih mudah. “Dengan diluncurkannya keyboard aksara Bali ini merupakan kemajuan yang luar biasa, dan Pandi akan terus mendukung pendaftaran aksara Bali serta upaya standardisasi keyboard agar sesuai dengan standar nasional dan internasional,” tandas Giri Sucahyo. (wir)

Baca juga :  Jadi Rujukan Covid-19, RSUD Wangaya Siapkan Sal Merak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini