Bocor Saat Hujan, Kondisi Pasar Kidul Kumuh

picsart 09 13 07.30.13
PASAR AMAN - Kampanye Pasar Aman yang menghadirkan BBPOM Denpasar, di lantai dua Pasar Kidul Bangli, Senin (13/9/2021)

Bangli, DENPOST.id

Kondisi Pasar Kidul, Bangli, saat musim penghujan seperti sekarang ini menjadi kumuh dan amburadul. Kebocoran terjadi di mana-mana terutama di bagian pertemuan bangunan lama dengan yang baru terjadi retakan pascadilakukan renovasi beberapa tahun lalu.

Hal itu, terungkap dalam pelaksanaan Kampanye Pasar Aman yang menghadirkan BBPOM Denpasar, di lantai dua Pasar Kidul Bangli, Senin (13/9/2021).

“Pelaksanaan Kampanye Pasar Aman oleh BPOM Denpasar sengaja dilakukan di Pasar Kidul, agar bisa menyasar langsung para pedagang dan mengetahui kondisi pasar tradisional,” kata Kepala Pasar Kidul, I Dewa Gede Adi Oka.

Baca juga :  Eksekusi Tanah di Kintamani, 75 Polisi Dikerahkan

Disebutkan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya mengajak sebanyak 20 pedagang sebagai peserta. Secara umum, ada beberapa hal yang ditekankan kepada pedagang agar tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, seperti formalin, penyedap buatan dan tetap memperhatikan kebersihan pasar. “Saat tadi hujan, sehingga saat itu ketahuan kondisi pasar kita terjadi kebocoran di mana-mana. Dengan kondisi seperti ini, bagaimana membuat kondisi pasar menjadi sehat,” ungkap Adi Oka.

Baca juga :  Dewan Gianyar Minta Pedagang Pasar Blahbatuh Divalidasi

Kebocoran yang terjadi itu, lanjut dia, terutama berada di bagian-bagian pojok bangunan dan pipa-pipa saluran air. “Dari atap bagian dak atas ada pipa saluran air bocor. Kemungkinan ada yang pecah sehingga terjadi rembesan air ke bawah. Kondisi yang paling parah adalah pada titik pertemuan bangunan yang direhab dulu kemungkinan tidak begitu bagus, sehingga ada celah-celah di sana yang menyebabkan air turun kondisinya seperti air terjun,” bebernya.

Terkait dengan kerusakan tersebut, dalam APBD Perubahan 2021 diakui pihaknya mendapat alokasi anggaran Rp200 juta. “Tindak lanjut dari itu, sudah ada konsultan ke pasar dan sudah saya tunjukkan kondisi bocornya. Termasuk kondisi pagar pintu masuk pasar di lantai satu, yang jaraknya jarang dan sudah mengalami kerusakan sehingga anjing liar pun banyak masuk. Malah sampai ada yang beranak di dalam,” keluhnya.

Baca juga :  Banjir di Warnasari, Tembok dan Dapur Warga Ambruk

Karena itu, direncanakan peruntukkan anggaran itu, selain akan dipergunakan untuk renovasi bangunan juga untuk perbaikan toilet di Pasar Kidul. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini