Kasus Baru Menurun, Testing dan Tracing Tetap Digencarkan

picsart 09 14 07.27.52
TESTING - Testing dengan uji swab yang langsung dilakukan di rumah warga.

Pedungan, DENPOST.id

Tambahan kasus baru Covid-19 di Denpasar, terus menurun setiap harinya. Pada, Selasa (14/9/2021) kasus baru bertambah 67, pasien sembuh 149, sedangkan pasien meninggal empat orang.

Kendati tambahan kasus berangsur dikendalikan, penerapan 3T, yakni tracing, testing dan treatment gencar dilakukan di tingkat puskesmas, salah satunya Puskesmas Densel IV di Pemogan.

Kepala Puskesmas Densel IV, drg. Made Saraswati Rahayu menerangkan pencarian kontak erat dilaksanakan dengan radius yang lebih luas. Testing dengan uji swab juga langsung dilakukan di rumah warga. Bila terbukti positif, maka warga tersebut akan dirawat di isolasi terpusat.

“Kita mendapat bantuan tenaga sweber dari Unud yang difasilitasi oleh Pangdam Udayana, dua residen bersama tim tracer dari TNI-Polri, Puskesmas dan BNPB,” tuturnya.

Baca juga :  Bebas Bersyarat, Duo Residivis Kembali Diciduk

Dalam upaya itu, drg. Saraswati mengakui masih warga yang enggan dan menolak dites. Namun dengan menerapkan komunikasi, informasi dan edukasi yang tepat, selama ini kendala itu dapat diatasi.
Dalam satu hari, jumlah warga yang dites sangat bervariasi karena bergantung jumlah pasien baru. Saat kasus sedang tinggi, jumlah warga yang dites pernah mencapai 40 perhari.

Sedangkan saat ini, menurun lima orang sampai 10 orang per hari. Pihaknya berupaya menemukan kontak erat sebanyak-banyaknya, sehingga penularan kasus bisa ditekan sejak dini.

Baca juga :  Banjar Balun Bagikan 400 Sembako

Layanan vaksinasi juga tetap digelar diwilayahnya. Selain di puskesmas, layanan tersebut juga langsung ke rumah-rumah warga khusus yang memiliki keluarga difabel dan gangguan jiwa. “Edukasi kami sosialisasikan di lintas sektor dengan melibatkan lurah dan kaling agar menginformasikan prokes kepada warga. Dengan menurunnya kasus, kita tidak boleh lengah dan tetap waspada,” pungkasnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini