BOR RSD Mangusada Sempat Penuh, Satgas Kembali Ingatkan Prokes

picsart 09 15 07.22.00
PASIEN DIRAWAT - Salah satu pasien yang dirawat di lorong IGD RSD Mangusada, Badung.

Mangupura, DENPOST.id

Meski kasus harian konfirmasi Covid-19 sempat menurun di Kabupaten Badung, namun Bed Occupancy Ratio (BOR) Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada sempat penuh. Hal ini pun ditanggapi Plt. Direktur RSD Mangusada, dr. Ketut Japa.

Menurutnya, BOR RSD Mangusada sempat penuh. Itu dikarenakan sebagian ruangan dialihkan untuk merawat pasian Covid-19. “Pada Agustus lalu, BOR kita penuh dan ruang non Covid-19 dijadikan ruang untuk perawatan Covid-19,” kata dr. Japa, Rabu (15/9/2021)

Baca juga :  Polisi Belum Temukan Unsur Kelalaian Dalam Kasus Keracunan Napi Perempuan

Dari seratus bed untuk pasien Covid-19, kini hanya terisi 30 persen. “Jadi saat ini kami buka kembali ruang Covid-19 untuk pasien non cCovid-19. Tapi kami masih buka tutup. Bilamana pasien Covid-19 meninggkat, ruang itu akan kembali dijadikan ruang perawatan Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya tidak pernah dan tidak boleh menolak pasien Covid-19 maupun non Covid-19. Apalagi mengarahkan pasien ke rumah sakit swasta. “RS Mangusada adalah tipe B, jadi tidak boleh mengarahkan pasien ke rumah sakit lain. Kecuali rumah sakit yang menjadi rujukan seperti RS Sanglah,” terangnya.

Baca juga :  Abaikan Prokes, Satpol PP Halau Pengunjung di Lapangan Puputan Badung

Walaupun penuh, pihaknya akan berusaha untuk memberikan penjelasan kepada pasien maupun keluarga pasien. “Mohon untuk bisa dirawat di IGD dulu sementara, setelah ada bed akan diarahkan ke ruangan,” kata Japa.

Sementara Koordinator Komunikasi Satgas Covid-19 Kabupaten Badung, IGN Jaya Saputra, mengatakan dari data yang diterima pada 14 September 2021, ada sebanyak dua orang. Sementara kasus pasien sembuh sebanyak 87 orang. “Secara kumulasi kasus sembuh Covid-19 di Badung sudah mencapai 17.995 orang dari data kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 20.015 orang. Karena itu, kami memgimbau masyarakat tetap disiplin prokes,” paparnya. (dewa sanjaya)

Baca juga :  Angkat Sampah ke Atas Tebing, DLHK Sepakat Pakai Katrol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini