Pemkab Buleleng Segera Terapkan Aplikasi PeduliLindungi di Perkantoran

Pemkab Buleleng Segera Terapkan Aplikasi PeduliLindungi di Perkantoran
Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan

Singaraja, DENPOST.id

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya aplikasi PeduliLindungi hadir di Kabupaten Buleleng. Aplikasi yang bermanfaat untuk melindungi masyarakat dari potensi paparan Covid-19 itu implementasinya dipersiapkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng.

Implementasinya, saat ini menyasar lingkungan perkantoran di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Setelah itu akan disusul pada tempat-tempat umum lainnya. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, Kamis (16/9/2021).

Baca juga :  4.000 Orang Tervaksinasi di Buleleng

Lebih lanjut Suwarmawan menjelaskan, lingkungan perkantoran di Lingkup Pemkab Buleleng nantinya akan dilengkapi dengan fitur Quick Response (QR) Code untuk melakukan verifikasi terhadap kelengkapan vaksinasi Covid-19 dari masing-masing pegawai maupun pengunjung kantor. Nantinya para pegawai maupun pengunjung kantor akan diwajibkan untuk melakukan scan QR Code sebelum diiziinkan memasuki area kantor.

Melalui fitur itu orang yang belum dilengkapi vaksinasi Covid-19 yang memadai akan tersaring sehingga dapat mencegah potensi penyebaran Covid-19.

Baca juga :  Sempat Dilerai dan Minta Bantuan, Namun Korban Sudah Terlentang di Pekarangan Rumah

“Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari orang-orang yang berpotensi menularkan. Inilah fungsi dari aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

Terkait progresnya, Suwarmawan menyebutkan hingga hari ini pihaknya sudah mendaftarkan 48 perangkat daerah dengan 96 titik scan barcode. “Dari sekian titik yang sudah kita daftarkan, itu sudah ada sebanyak 39 yang sudah mendapatkan QR Code,” imbuh Suwarmawan.

Selain lingkungan perkantoran di Pemkab Buleleng, penerapan aplikasi PeduliLindungi juga diwajibkan pada sejumlah tempat-tempat umum seperti supermarket, tempat wisata dan fasilitas umum lainnya.

Baca juga :  Di Buleleng, 8 Sembuh, 5 Kasus Baru dan 1 Meninggal

Melalui langkah tersebut, diharapkan masyarakat Buleleng dapat melindungi diri dari paparan Covid-19 saat bepergian ke tempat umum. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini