Warga “Serbu” Pantai, Akses Masuk akan Gunakan Sistem Ganjil Genap

picsart 09 20 05.10.53
MENINGKAT - Kunjungan ke Pantai Sanur mulai meningkat. Warga datang untuk menyeberang atau pun sekadar berekreasi.

Sumerta, DENPOST.id

Sejak dibukanya sejumlah objek wisata, khususnya pantai, kunjungan meningkat drastis. Hal itu juga terpantau oleh petugas Dinas Perhubungan Provinsi. “Rupanya kemarin juga, memang karena terbuka (objek wisata), terjadi euforia sehingga pantai jadi banyak orang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta, kepada wartawan, Senin (20/9/2021) di kantornya.

Terhadap kondisi itu, Dinas Perhubungan akan menerapkan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap Senin pekan depan, di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Di Denpasar, sistem itu berlaku terhadap semua akses masuk ke Pantai Sanur. Sedangkan di Badung berlaku di semua akses masuk Pantai Kuta. “Ini sebetulnya kita dalam kerangka untuk memastikan pelaksanaan PPKM Level 3, di mana diharapkan semua lokasi wisata itu bisa mengakomodir hanya 50 persen dari kapasitas yang ada,” ungkapnya.

Baca juga :  Hari Ini, Sampel Lab Warga Jepang Diambil

Ia menyebut sistem ini bertujuan mencegah lonjakan kunjungan di objek wisata yang menyulitkan pengelola untuk membatasi kunjungan. Dalam sistem ganjil-genap ini, Dinas Perhubungan mengatur sistem lalu lintas, sedangkan pengaturan jumlah pengunjung di area objek wisata akan diakomodir pengelola. “Jadi kita atur kedatangan berdasarkan pelat nomor. Yang pelat nomor ganjil datang hari ganjil, yang pelat nomor genap datang pada tanggal genap. Itu diterapkan tiga jam, pagi yakni pukul 06.30 wita sampai 09.30 wita, tiga jam sore yakni pukul 15.00 wita sampai 18.00 wita,” terangnya. Samsi menyebut pengaturan ini bersifat persuasif, sehingga belum ada sanksi hukum atau administrasi bagi pengendara yang melanggar, selain putar balik. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini