Antisipasi Klaster Upacara, Karya Pura Gumang Terapkan Prokes Ketat

picsart 09 20 05.52.45
PROKES KETAT - Karya Agung Pura Gumang terapkan prokes ketat.

Amlapura, DENPOST.id

Karya Agung di Pura Gumang, Sanghyang Ambu di Banjar Dinas Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem digelar, Senin (20/9/2021). Setelah beberapa kali sempat ditunda, karya kembali digelar sehari jelang purnama kapat.

Pura yang diempon ribuan krama ini, berpotensi dipadati ribuan pemedek. Mencegah terjadinya klaster upacara, pemerintah daerah memberi atensi khusus utamanya dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Kapolres Karangasem, AKBP Ricko Taruna, menuturkan pihaknya menerjunkan 68 personel untuk melakukan penjagaan di wilayah pura. “Masyarakat yang masuk wajib menunjukkan aplikasi PeduliLindungi,” kata Kapolres Ricko Taruna, beberapa waktu lalu.

Nyejer hingga sepekan kedepan, Kapolres Karangasem berharap seluruh pemedek yang tangkil tetap taat prokes. Sebab, kini Bali sedang menjadi perhatian semua pihak.

Baca juga :  Tak Ajak PDI Perjuangan, Sejumlah Pimpinan Parpol Berkumpul di Dalung

Sementara Bupati Karangasem, I Gede Dana berharap kejadian video viral keramaian di Pura Dalem Puri, Besakih tak lagi terulang. Ia menekankan agar seluruh prosesi dilaksankan dengan penuh pertimbangan. “Ini membuat kami harus memastikan bahwa karya agung ini, terlaksana dengan prokes ketat,” ucapnya.

Terkait penekanan tersebut, panitia karya, Wayan Merta menuturkan panitia telah melaksanakan prokes. Salah satunya pihak desa telah menginbau warga yang tak bertugas untuk sementara tak tangkil ke pura dan sembahyang lewat ngubeng atau ngayeng dari rumah masing-masing. Tak hanya itu, untuk krama rantauan pihaknya juga mengimbau untuk sementara tak tangkil pulang. Namun ngayeng dari tempat perantauan masing-masing. “Intinya panitia sudah melakukan langkah-langkah penerapan prokes, seperti mempersiapkan sarana cuci tangan dan lain-lain,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Langgar Prokes, Belasan Warga Dijaring Tim Yustisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini