Kerap Hindari Tugas dan Fungsi, Jabatan Kadis di Karangasem “Dikocok” Habis

picsart 09 06 07.20.33
Bupati Karangasem, I Gede Dana.

Amlapura, DENPOST.id

Mengamati kinerja selama enam bulan lebih, Bupati Karangasem, I Gede Dana akhirnya melakukan rotasi jabatan, Selasa (21/9/2021). Salah satunya ia melakukan rotasi jabatan sejumlah kepala dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Karangasem. Ia menilai banyak pejabat yang kurang optimal kinerjanya.

“Kebijakan saya sempat menunda mutasi dan pengisian jabatan yang kosong adalah salah satu strategi untuk menilai kijerja dan loyalitas ASN,” terangnya. Lebih lanjut ia menuturkan, dalam perjalanannya ia melihat banyak ASN yang terkesan menghindari tugas dan fungsi. Bahkan, ada yang sampai melempar tugas ke OPD lain. “Hal ini saya sinyalir adanya keraguan dalam diri orang tersebut untuk apa bekerja maksimal toh akan dimutasi. Jika hal ini benar, maka sikap ini sangat keliru,” paparnya.

Baca juga :  Karantina di Magetelu Akan Berakhir

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Selasa (21/9/2021), sebanyak 17 jabatan tinggi pratama dimutasi. Dari formasi ada yang kembali ke jabatan sebelumnya ada pula yang dialihtugaskan ke jabatan lain. Pertama jabatan Kadis PUPR, I Nyoman Sutirtayasa dimutasi menjadi Kepala BP3 Karangasem. Nyoman Siki, Kepala  BP3 menjadi Kadis Damkar Karangasem. Wayan Sutapa yang semula menjadi Kepala Satpol PP Karangasem kini menjadi Kepala di Kesbangpolitmas.

Tak hanya kadis yang dirotasi, I Wayan Ardika yang semula sebagai Sekretaris DPRD Karangasem, kini menjadi Kepala BPKAD Karangasem. Sementara jabatannya diisi I Nengah Mindra yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas PMD Karangasem. Selanjutnya Kepala Kesbangpolitmas , I Ketut Kanginan Subandi dijadikan Kadis PPKB Karangasem. Kadis Sosial I Gede Basma menjadi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan. Sementata I Wayan Sutrisna yang menjabat sebagai Kadisperindag kini menjadi Kadisdikpora Karangasem.

Baca juga :  Di Karangasem, 16 Persen Siswa Kelas VI SD Sudah Divaksin

Selanjutnya Kadis DLH, I Gde Ngurah Yudiantara menjadi Kadiskominfo Karangasem. Kepala Dinas PMPT Satu Pintu Karangasem, Putu Laba Erawan menjadi Kadis P3A Karangasem. Komang Daging yang semula menjabat Kadiskominfo menjadi Kadissos Karangasem. Wayan Astika yang semula sebagai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Kadisbud.

Tak hanya dirotasi antar-kadis, sejumlah pejabat yang semula menjadi Kadis juga dirotasi ke jabatan luar kadis. Di antaranya Gusti Ngurah Kartika dimutasi dari Kadisdikpora ke staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan. Putu Arnawa dari Kadisbud menjadi staf ahli bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, terhir Kadishub Ida Bagus Suatika dirotasi menjadi Asisten Administrasi Umum Sekda Karangasem. (yun)

Baca juga :  Penyebaran Meningkat, Pasar Mangsul Ditutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini