Suwirta Dukung Sistem Pembayaran “Global Budget”, Empat RS Digelontor Dana Rp 140 Miliar

Suwirta Dukung Sistem Pembayaran
UANG MUKA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri acara pemberian uang muka tahun 2021 uji coba pengembangan sistem pembayaran global budget, Rabu (22/9/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyambut baik penerapan sistem pembayaran global budget dari BPJS Kesehatan yang akan diujicobakan kepada empat rumah sakit. Namun demikian, perlu adanya sebuah komitmen dan niat yang tulus dari semua pihak untuk menyukseskan sistem pembayaran Global Budget agar nantinya bisa berjalan efesien dan maksimal.

Hal itu dikatakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ketika secara simbolis menyerahkan uang muka tahun 2021 uji coba pengembangan sistem pembayaran Global Budget kepada empat RS di Klungkung di ruang Praja Mandala, Rabu (22/9/2021).

Global Budget merupakan pengalokasian dana secara adil dan transparan kepada RS selama setahun yang digunakan untuk membiayai pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Untuk di Klungkung ada empat RS yang melakukan uji coba penerapan pembayaran sistem tersebut.

Baca juga :  Ngatrek, Truk Kontainer Tabrak Mobil dan Gilas Motor

Keempat rumah sakit  yang menerapkan uji coba yakni RSUD Klungkung, Rumah Sakit Umum Permata Hati, Rumah Sakit Umum Bintang dan RSUD Gema Santi Nusa Penida. Apalagi keempat RS tersebut bakal diglontor dana sekitar Rp 140 Miliar dari BPJS Kesehatan.

Suwirta berharap semua pihak benar-benar meningkatkan keseriusan untuk mendukung program “Global Budget” ini agar bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. Terutama dengan melakukan langkah-langkah promotif, prepentif dan edukatif.

Baca juga :  Pemkab Klungkung Lelang Empat Jabatan Eselon II, Tiga Masih Terisi

“Saya sangat mendukung program ini, mari kita semua harus mempunyai pemikiran yang sama sehingga nantinya bisa menghasilkan output dan outcome secara maksimal dalam sistem pelayanan kesehatan,” kata Suwirta.

Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB, Agung Putu Darma, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini agar dalam proses pengembangan sistem pembayaran global budget yang memasuki tahap pemberian uang muka, khususnya pada seluruh rumah sakit di wilayah Kabupaten Klungkung dapat berjalan lancar. Diapun berharap  kegiatan ini menjadi kesungguhan ikhtiar dalam mengimplementasikan sistem global budget.

Baca juga :  Jika Dihukum Berat, Pemecatan Oknum PNS Cabul Menanti

“Dengan adanya sistem pembayaran global budget ini, saya berharap rumah sakit di wilayah Kabupaten Klungkung dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan efesien pada peserta JKN-KIS,” harapnya.

Selain dihadiri Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB, Agung Putu Darma, kegiatan tersebut juga dihadiri Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Resiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby; Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Klungkung. (c/119)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini