Di Melaya, Rumah Warga Tak Mampu dan Sakit Roboh

picsart 09 22 07.07.23
RUMAH ROBOH - Rumah warga tidak mampu di Desa Melaya yang roboh.

Negara, DENPOST.id

Musibah menimpa keluarga Samsuri (37) di Banjar Pangkung Dedari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Jembrana. Rumah semi permanen yang ditempati selama ini roboh, Rabu (22/9/2021) pagi.

Samsuri didampingi istrinya Martisah yang ditemui di rumahnya yang sudah roboh mengatakan kalau saat kejadian mereka ada di dalam rumah. Saat mendengar suara retakan di atap rumah akhirnya mereka lari ke luar rumah. Tak berselang lama, rumahnya roboh dan rata dengan tanah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kondisi rumah sudah tidak bisa ditinggali. Seluruh isi dalam rumah juga tertimpa atap rumah.
Rumah itu, kata Samsuri sudah reot dan lapuk karena dibangun sebelum mereka menikah.

Bahan bangunan juga bahan bekas dan berdinding bedek. “Maklum saya tidak punya uang. Pekerjaan hanya nelayan. Jika tidak melaut ya serabutan,” kata Samsuri.

Baca juga :  Gunakan Surat Vaksin Palsu, Dua Sopir Ditangkap Polisi

Pasangan suami istri ini belum memiliki anak karena Martisah mengalami sakit kista dan sudah membesar, sehingga tidak bisa bekerja. Martisah juga hanya berobat tradisional dan tidak mampu berobat medis karena tidak punya uang. “Saya juga tidak punya BPJS atau KIS,” katanya.

Samsuri berharap mendapatkan bedah rumah meskipun itu tanah milik neneknya. “Ya, semoga saja ada solusi. Tadi sudah pak perbekel bertemu dengan pihak keluarga kami. Mudah-mudahan kami dapat bantuan bedah rumah,” jelasnya.

Baca juga :  Terisolir, Puluhan KK Minta Dibuatkan Jembatan

Sementara Samsuri dan istrinya mengungsi di rumah keluarga. Namun, akan membuat bangunan seadanya dari bambu agar lebih nyaman.

Sementara Perbekel Desa Melaya, Komang Warsana, dikonfirmasi membenarkan musibah warganya yang rumahnya roboh. Pihaknya masih mencarikan solusi bersama. “Warga ini masuk rumah tangga miskin. Tapi status tanah yang ditempati bukan miliknya atau numpang,” tambah Warsana.

Pihak desa berupaya akan memberikan bantuan rumah jika nantinya ada solusi untuk tanah yang ditempati. Dengan keadaan Samsuri ini, berbagai bantuan datang berupa sembako diberikan BPBD Jembrana dan Polsek Melaya, serta Komunitas Relawan Jembrana (KRJ) juga memberikan bantuan sembako, pakaian layak pakai dan dana Rp1 juta. (120)

Baca juga :  Konser "Hybrid" Jadi Pengalaman Baru Four United

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini