Melandai, Keterisian Isoter Tinggal 20 Kamar

picsart 09 23 03.24.41
MELANDAI - Keterisian Isoter di Karangasem melandai.

Amlapura, DENPOST.id

Tercatat sebagai level III atau risiko rendah Covid-19, pasien yang menjalani isolasi mandiri terpusat (isoter) di Kabupaten Karangasem terus menurun. Data Rabu (22/9/2021), dari 334 kamar isoter yang tersedia, keterisiannya tinggal 20 kamar. Pemerintah berharap kondisi ini terus menurun, sehingga kasus Covid-19 di Karangasem segera tuntas.

Hal tersebut diungkapan Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa. Keterisian 20 kamar tersebar di sejumlah hotel di Kabupaten Karangasem. Ia berharap akan terjadi penurunan angka. “Mewujudkan itu, saya berharap masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan (prokes) sehingga penyebaran kasus dapat ditekan,” harapnya.

Baca juga :  Bupati Karangasem Segera Bentuk Satgas

Hingga saat ini, lewat dana Belanja Tak Terduga (BTT), Pemerintah Kabupaten Karangasem telah menggelontorkan Rp 440 juta untuk isoter. Biaya ini terbagi ke dalam biaya hotel sebesar Rp 237 juta, konsumsi Rp 199 juta serta pengadaan sarung tangan APD sebesar RP 4,4 juta. “Jika dirinci satu kamar dengan rate harga Rp 200.000, biaya makan minum Rp 100.000 per orang,” terangnya.

Baca juga :  Diduga Main Ancam, Oknum Petugas Parkir Dilaporkan

Meski cukup menguras anggaran, kebijakan isoter ini dinilai mampu menekan penyebaran Covid-19. Sebab, warga dengan gejala ringan akan dapat tertangani dengan tepat. “Tiap mendapat laporan kami akan melakukan penjemputan pada pasien ke tempat isoter. Saat ini jumlahnya sudah landai. Semoga tak terjadi peningkatan, ” harapnya.

Usai dijemput, pasien akan langsung diantar ke tempat isoter. Bebeda dengan tahun sebelumnya, di mana konsumsi disediakan pemerintah. Tahun ini, pihak hotel langsung menyediakannya. “Kondisi ini untuk menghindari keterlambatan,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  PPKM Darurat, Karangasen Tambah 12 Kasus Sehari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini